10 Makanan Khas Indonesia Yang Mudah Dibuat – Negara Indonesia tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya, baik itu keindahan pulau maupun keindahan alam pegunungan, namun juga terkenal dengan budaya dan juga kuliner nya. Tidak jarang para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia sangat tertarik untuk mencoba semua makanan khas di Indonesia, kemanapun mereka mengunjungi pulau-pulau besar dan kecil di Indonesia mereka berusaha mencicipi makanan-makanan khas di daerah tersebut.

Masakan di Indonesia memang sudah terkenal sejak dahulu kala, kelezatan masakan di Indonesia terletak dari berlimpahnya rempah-rempah di Indonesia, sehingga penggunaan rempah dimasakan-masakan di Indonesia juga sangat banyak membuat masakan-masakan di Indonesia kaya akan rasa.


Membuat masakan khas Indonesia terkadang membutuhkan keahlian khusus, karena memang tidak jarang makanan-makanan di Indonesia untuk membuatnya juga butuh ketelatenan baik dari proses maupun dari bahan yang digunakan. Sehingga bisa sering kita temukan di kota-kota besar ada kelas atau kursus memasak makanan-makanan Indonesia.

Namun bukan berarti setiap masakan di Indonesia sangat sulit atau membutuhkan keahlian khusus dalam membuatnya, dalam artikel ini kami bahas 10 makanan khas indonesia yang mudah dibuat, semoga menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang rindu dengan masakan Indonesia dan berada di luar negeri.

1. Rendang

Rendang Image by notepam.com

Rendang yang menjadi makanan nomor 1 terenak didunia ini merupakan salah satu makanan di Indonesia yang sangat populer, membuatnya juga tidak begitu sulit. Makanan khas sumatra barat ini tidaklah sulit ditemukan di Indonesia, hampir disetiap kota di Indonesia tersedia makanan rendang ini, namun bagi Anda yang sedang berada di luar negeri dan ingin sekali membuatnya, Anda bisa membuatnya dengan mudah.

Yang perlu disiapkan adalah bahan-bahan pembuat rendang, yaitu bahan utama adalah daging sapi, dan bahan-bahan lainnya seperti kelapa sangrai, daun jeruk, dan salam dan lainnya. Untuk membuatnya Anda bisa membaca di website masakan atau juga bisa melihat tutorial memasak rendang yang biasa tersedia di YouTube.

2. Tempe Goreng

Tempe goreng Image by cookpad.com

Salah satu makanan khas yang ada di Indonesia adalah olahan tempe goreng, di Indonesia tempe bisa di olah menjadi beberapa jenis makanan, baik itu menjadi lauk ataupun menjadi cemilan seperti keripik. Beberapa tahun terakhir tempe mulai dikenal di dunia, dan menjadi favorit oleh warga asing.

Olahan tempe juga bisa dibilang sangat mudah, jika Anda ingin memasak tempe goreng caranya hanya perlu digoreng kering dan ditirskan, atau Anda bisa mencoba membuat sambal goreng tempe dengan menambahkan tomat dan juga cabe yang sudah di haluskan dan dimasak.

3. Nasi Goreng

Nasi Goreng Image by foody.id

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat mudah dibuat, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggoreng nasi dan mencampurkan dengan saos tomat atau saos cabai, untuk penambah rasa Anda juga bisa menambahkan bawang putih dan bawang goreng.

Selain itu nasi goreng sangat cocok dicampur dengan lauk apa saja, baik itu telur, ikan, daging sapi, daging kambing, jamur, ayam dan lain sebagainya sehingga sangat cocok bagi Anda yang mempunyai stok lauk pauk di rumah, tanpa keluar rumah Anda sudah bisa membuat nasi goreng favorit Anda.

Anda juga bisa membaca resep membuat nasi goreng di buku-buku resep atau di website resep masakan.

4. Gado-Gado

Gado-gado Image by Maangchi.com

Makanan yang biasa disebut salad khas Indonesia ini memang sangat enak dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan, selain mengenyangkan komposisi dari gado-gado dapat menjaga kesehatan karena berbahan dasar sayur-sayuran segar yang di siram dengan bumbu kacang.

Membuatnyapun tidak begitu sulit, apalagi dizaman sekarang banyak orang yang sudah membuat bumbu gado-gado instant, yang perlu dilakukan hanya meleburkan bumbu gado-gado dengan dicampurkan air hangat dan di ulek sedikit. Dengan bumbu gado-gado instant ini Anda tidak perlu lagi membuat bumbu gado-gado yang bisa dibilang cukup panjang prosesnya, yaitu dengan menggoreng kacang tanah, kemudian di tumbuk dan di campur dengan bumbu-bumbu lain yang sudah di haluskan misalnya bawah, garang dan lainnya.

Harga bumbu gado-gado juga tidaklah mahal dan cukup mudah untuk didapatkan di pasar-pasar tradisional, yang perlu di beli adalah sayuran lengkap juga nasi atau lontong sebagai pengganti nasi jika ada.

5. Sate Ayam

Sate Ayam Image by Masakankoki.com

Salah satu makanan khas di Indonesia adalah olahan sate khususnya sate ayam, di Indonesia sangat banyak bisa ditemukan penjual sate di pinggiran jalan. Sate ayam adalah salah satu kuliner di Indonesia yang pembuatannya tidaklah sulit.

Yang harus disiapkan hanyalah potogan ayam yang sudah ditusuk dengan tusuk sate, juga bumbu kecap yang sangat mudah untuk dibuat. Bumbu sate juga bisa dikombinasikan dengan bumbu kacang, yaitu kacang tanah yang sudah digoreng kemudian di tumbuk, di tambah sedikit dengan gulaerah atau kecap dan campur dengan sedikit air.

Biasanya para penjual sate di Indonesia, daging sate dimasak terlebih dahulu yaitu direbus dengan bumbu-bumbu sehingga akan menghasilkan tekstur daging sate yang lembut dan juga kaya rasa, namun bagi Anda yang ingin lebih praktis, daging ayampun bisa langsung di bakar tanpa harus direbus terlebih dahulu.

6. Sambal

Sambal Image by Arwini.com

Makanan khas lainnya di Indonesia adalah sambal, meskipun sambal bukan makanan utama melainkan pelengkap makanan utama, namun sambal sangatlah menjadi favorit di Indonesia, bahkan sangat banyak wisatawan asing suka dengan aneka sambal di Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali varian sambal, dengan olahan bumbu yang berbeda-beda, bahkan hampir disetiap provinsi memiliki olahan sambal yang berbeda-beda. Namun bagi Anda yang ingin membuat sambal yang sederhana, pilihan yang bisa Anda buat salah satunya adalah sambal terasi, yang juga merupakan makanan khas dari Indonesia

Cara buat sambal terasi bisa dibilang sangat mudah yaitu hanya dengan mengulerk atau menghaluskan cabai, tomat, bawang merah dan juga terasi, goreng sedikit dan tambahkan garam juga penyedap rasa secukupnya.

Jika Anda ingin membuat aroma terasi lebih terasa dan juga menimbulkan kenikmatan tersendiri, Anda juga bisa membakar terasi sebelum mengolahnya atau menghauskannya. Bakar hingga wangi namun jangan sampai gosong, kemudian dihaluskan bersama bahan-bahan tadi.

7. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung Image by resepmedia.com

Plecing kangkung adalah salah satu hidangan atau masakan khas Indonesia yang mudah dibuat, caranya sangat mudah dengan bahan-bahan pembuatannya juga sangat mudah dicari. Khusus bagi Anda yang berada di Indonesia menemukan sayur kangkung sangatlah mudah, cukup ke pasar tradisional pagi hari, Anda sudah bisa menemukan sayur kangkung di pasaran.

Untuk mebuatnya hanya perlu menambahkan tauge, kacang tanah yang sudah dgoreng dan dihaluskan, sambal tomat, dan juga perasan jeruk nipis di kangkung yang sudah direbus. Rasa segar dan pedasnya membuat selera makan semakin bertambah, plecing biasanya sangat cocok dimakan saat panas bersama ikan bakar dan nasi.

8. Sayur Urap

Sayur Urap Image by Vemale.com

Urap adalah salah satu jenis sayur atau lalapan yang sangat populer di Indonesai, cara buatnya sangatlah mudah, sekilas mirip dengan plecing kangkung, namun urap ditambah dengan parutan kelapa parut, sayuran lain juga juga ikut masuk sebagai pelengkap, seperti bayam, kol dan kacang panjang. Beberapa orang juga yang selera pedas, menambahkan sambal atau potongan cabai di sayur urap ini.

9. Pepes Ikan

Pepes Ikan Image by selerasa.com

Pepes Ikan salah satu menu dan juga olahan ikan yang terkenal di Indonesia, mebuatnya juga bukan hal yang sulit. Membuat pepes ikan bisa menjadi alternatif olahan ikan bagi Anda yang sudah bosan dengan goreng dan bakar dalam mengolah ikan. Cara masaknya juga bisa dibilang sangat mudah yaitu hanya dengan menguksnya dalam bungkusan daun pisang, daging ikan biasanya sudah direbus terlebih dahulu dan dipisahkan dari tulangnya, kemudian ditambahi bumbu kunging dan juga bumbu lainnya untuk menambah cita rasa lezat di makanan ini.

10. Tempe Penyet

Tempe penyet Image by resepseharihari.com

Salah satu makanan khas dan juga menjadi favorit di Indonesia adalah olahan tempe dengan nama tempe penyet, dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui olahan tempe yang satu ini. Olahan tempe yang satu ini memang sangatlah mudah untuk dibuat, caranya hanya tempe di goreng kering dan ditekan sedikit halus dengan ulekan, namun jangan sampai hancur agar tekstur tempenya masih terasa

Kemudian tempe penyet disirami sambal yang bisa disesuaikan pedasnya. Bagi orang yang selera pedas, 3-6 cabai rawit sudah cukup memberikan rasa pedas di hidangan tempe penyet.

Demikian 10 makanan khas indonesia yang mudah dibuat, yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memasak dengan waktu dan bahan terbatas d rumah.