10 Kejaiban Dunia Di Benua Afrika Yang Menakjubkan Selan Piramid – Keajaiban dunia memang sangatlah beragam, dan memang menjadi daya tarik tersendiri dan juga menjadi sangat menarik untuk dibahas. Ada banyak sekali keajaiban dunia, baik yang secara umum atau yang bisa kita lihat sampai pada masing-masing benua salah satunya adalah benua besar di dunia adalah benua afrika, ada banyak sekali keajaiban dunia yang terdapat di benua ini. Berikut kami rangkum dalam artikel ini, 10 keajaiban dunia di afrika.

1. Timbuktu

Timbuktu Image by WorldAtlas.com

Timbuktu adalah sebuah kota di Mali yang terletak di bagian Afrika Barat,  Kota ini merupakan pusat dari penyebaran Islam di Afrika pada abad ke-15 dan abad ke-16 Kota. Kota ini dihuni oleh suku Moor, Tuareg, Songhay, Fulani. Sering kali sebagian orang mengatakan bahwa Kota ini terletak di Sungai Niger, namun faktanya kota ini terletak 15 km utara dari sungai Niger, selain itu Kota ini juga berada di daerah Perdagangan Trans-Sahara tepatnya daerah persimpangan arah barat ke timur, sampai utara ke selatan. Kota ini juga dahulu kala hingga sampai saat ini menjadi tempat penyaluran garam dari Taoudenni


Timbuktu terletak di pertemuan beberapa suku di Afrika di sekitarnya salah satunya suku Berber yang nomaden dan orang Arab bagian utara. Sejarahnya kota yang merupakan lokasi perdagangan yang menghubungkan Afrika Barat dengan Berber, Yahudi dan juga Arab dan secara tidak langsung dengan pedagang dari Eropa, membuat perkembangan yang luar biasa dan juga banyak percampuran budaya yang membuat kota ini sangat eksotis. Kota ini juga merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan dalam dunia islam, pada abad ke-14 banyak buku penting ditulis dan disebarkan melalui di Timbuktu, membuat kota ini sebagai pusat tradisi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang sangat penting di Afrika.

2. Leptis Magna

Leptis Magna Image by i-cias.com

Keindahan berikutnya adalah Leptis Magna, Leptis Magna merupakan sebuah kota yang ada di Libya. Kota ini menjadi salah satu daya tarik yang ada di Libya karena terdapat runtuhan kota Romawi di Leptis Magna yang merupakan salah satu bagian yang sangat fenomenal dan juga sangat menakjubkan untuk dikunjungi, karena ditempat ini Anda bisa merasakan kekaisaran Roma. Temat ini merupakan salah satu situs yang tidak kalah indah dibandingkan dengan situs-situs kuno yang ada di Italia karena ukuran dan kemegahannya. Leptis Magna juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang bisa juga kita anggap sebaga kejaaiban dunia dan sebagai warisan dunia.

3. Stratford

Stratford Castle Image by castle-for-sale.com

Stratford adalah sebuah Benteng yang terletak di Durban, Afrika Selatan. Bagi Anda yang memiliki pasion dibidang peninggalan sejarah, kastil ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Karena tempat ini merupakan bangunan bersejarah yang memiliki kisah yang berhubungan dengan cinta. Awalnya bangunan ini terinspirasi dari cinta sejati. Anda bisa menemukan pada bagian dalamnya terdapat banyak kata – kata puitis dari Sir Walter Raleigh seperti : “But true love is a durable fire, In the mind ever burning; Never sick, never old, never dead ; From itself never turning.” Benteng ini dibangun atas semangat kata-kata yang indah, sehingga bagi Anda yang mengunjungi tempat ini akan tersanjung dengan kata-kata yang ada didalamnya.

4. Kuil Abu Simbel

Kuil Abu Simbel Image by travel.detik.com

Abu Simbel adalah sebuah kuil yang bersejarah yang juga merupakan salahs satu situs arkeologi yang terdiri dari kuil batu. Saat ini Abu Simbel merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO, membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata dunia.

Kuil ini dibangun dengan tujuan untuk memperingati kemenangan atas pertempurannya dengan Kadesh, dan juga dengan tujuan lain yaitu untuk menakuti kota tetangga Nubia. Kuil ini dipahat dari tebing batu pasir pada zaman pemerintahan Firaun Ramses II sekitar tahun 1250 SM.

Bagian dalam dari kuil ini memiliki ketinggian hingga lebih dari 55 m juga terdapat serangkaian aula dan ruangan yang mengarah kepada pusat dari kuil. Kuil ini dibangun untuk Firaun Ramses dan dibangun dengan Struktur yang dibuat sedemikan rupa sehingga cahaya dari matahari terbit dapat tembus mengenai 3 patung dewa dan Firaun Ramses II yang berada pada bagian dalam kuil.

Jika Anda masuk pada bagian depan dari kuil Anda akan melihat 4 patung Firaun Ramses II yang berposisi sedang duduk, dengan tinggi dari 20 m. Sedangkan patung-patung lebih kecil dari Firaun Ramses II, yaitu mencerminkan anaknya mengelilingi patung firaun besar.

Wisata sejarah ditempat ini sangat kental karena terdapat sejumlah prasasti dan relief, bahkan juga sebagian peninggalan sejarah ini menampilkan bukti sejarah yang tidak biasa. Serangkaian relief menggambarkan beberapa pertempuran antara bangsa Mesir.

Abu Simbel juga merupakan monumen terpenting bagi Nubia kuno, yang sempat tidak diketahui keberadaannya oleh dunia barat hingga pada tahun 1812. Pada 1964 berjalan sebuah proyek internasional untuk menyelamatkan Abu Simbel dari luapan Danau Nasser yang merupakan waduk bagi Bendungan Aswan. Bagian-bagian dari kuil tersebut kemudan dipisahkan, dan dirangkaikan lagi pada tahun 1968.

Proyek Internasional juga didanai langsung oleh UNESCO, yang pada akhirnya menjadikan tempat ini salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO, tidak hanya itu namun juga tempat ini menjadi tempat tempat yang penting bagi umat manusia yang harus dilindungi sebagai sebuah Warisan oleh PBB dan UNESCO.

5. Chinguetti

Chinguetti Image by BrendansAdventures.com

Chinguetti Masjid di Mauritania, Afrika Barat, masjid ini dibangun pada abad ke-13 dan menjadi salah satu dari tujuh kota suci umat Islam. Pada masanya, Masjid ini menjadi pusat perdagangan pada rute trans-sahara. Menurut sejarah bahwa tujuan pembangunan masjid ini adalah sebagai dakwah pendidikan agama untuk wisatawan, sehingga keberadaan masjid ini menjadi penting.

6. Taman Nasional Kruger

Taman Nasional Kruger Image by venividi.ru

Bagi Anda yang sangat gemar berwisata di padang rumput ataupun padang pasir, di taman nasional Kruger bisa Anda dapatkan. Disini Anda bisa menikmati pemandangan Padang safana yang sangat khas dengan benua Afrika. Areanya dari taman nasional ini sangat luas, Anda juga bisa menjumpai banyak hewan liar yang menghuni tempat ini. Situs ini juga sering dibuat sebagai salahs atu lokasi pembuatan film, tujuan wisata edukasi dan juga tujuan tempat penelitian. Wisatawan harus didampingi oleh pemandu karena di teman nasional ini sangatlah rawan dengan serangan hewan liar.

7. Gereja Lalibela

Gereja Lalibela Image by Sinaga17.wordpress.com

Gereja Lalibela adalahs alah satu gereja yang terdapat di Afrika lebih tepatnya di Etiopia, Lalibela juga dikenal sebagai kota suci. Kota ini menyimpan sebuah situs luar biasa, yaitu gereja bawah tanah yang membuat wisatawan takjub karen dibangun degan kondisi minimnya teknologi di sekitar abad ke-12. Para pengunjung akan disambut oleh beberapa pastur yang sudah biasa setiap harinya duduk di dalam gereja. Ada ruangan misterius dan terkesan mengerikan karena gelap dan berdebu ruangan tersebut juga dipenuhi dengan banyak tulang jenazah. Menurut para biarawan di sana dan para pastur menganggapnya sebagai benda suci.

8. Laut Merah

Laut Merah Image by islamalimi.com

Laut merah memang hanya namanya saja yang merah, tapi laut ini adalah laut yang ada seperti biasa dengan keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Khususnya pada saat masa tumbuh dari rumput laut. Anda bisa menikmati keindahan ikan dan terumbu karang yang sangat indah saat menyelam di laut ini. Membuat masa berlibur Anda di Afrika sangat menyenangkan.

9. Lembah Dades

Lembah Dades Image by elmawke3.com

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi lembah ini yang terdapat di Maroko, Dades Valley atau Lembah Dades akan memberikan kesan dan suasana yang berbeda saat Anda berwisata di Lembah ini. Disini Anda bisa menikmati pemangdangan yang sangat indah. Rumput hijau yang segar dan juga luasnya pandangan dan bukit-bukit membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata.

10. Batu Olumo

Batu Olumo Image by primewatersproperties.com

Pengunjung bisa menaiki batu ini menggunakan lift untuk menikmati Pemandangan yang indah, batu yang sangat besar ini merupakan tempat berlindung warga saat terjadi perang, lokasi batu ini berada di Nigeria atau kota bernama Abeokuta, wisata ini merupakan saksi sejarah perang antar-suku yang terjadi pada abad ke-19.  Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah dari batu ini, Anda bisa menggunakan jasa pemandu yang akan menceritakan kepada Anda tentang segala sejarah dibalik Olumo Rock.