10 Keindahan Alam Indonesia Yang Mendunia – Wisata di Indonesia hampir tidak ada habisnya untuk dibahas, dari mulai wisata pantai, wisata kota hingga wisata alam dan gunung. Keindahan alam di Indonesia memang sangat istimewa, kekayaan alam yang merupakan salah satu senjata utama Indonesia dalam menarik perhatian pengunjung mancanegara.

Bagi Anda yang sangat suka berwisata dengan menikmati keindahan alam di Indonesia, berikut kami bahas 10 keindahan alam Indonesia yang mendunia yang wajib Anda kunjungi

1. Puncak Jayawijaya Papua

Puncak Jayawijaya Image by KSMTour.com

Satu-satunya kawasan di Indonesia yang turun salju adalah kawasan puncak jayawijaya, gunung merupakan salah satu tujuan pendakian yang favorit di dunia. Bukan hanya salju yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi puncak jayawijaya, keindahan alam dan juga benda-benda laut seperti koral juga bisa Anda temukan di puncak jayawijaya.

Para ahli geologi mengatakan bahwa puncak jayawijaya dahulunya adalah kawasan dasar laut, yang kemudian dalam waktu yang cukup lama terciptalah pulau papua dan gunung ini. Keindahan Puncak Jayawijaya terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua atau dengan istilah seven summit, yang sangat mendunia dan menjadi destinasi pendakian para pendaki gunung di seluruh dunia.

Puncak Jayawijaya juga memiliki sebutan lain yang terkenal dan mendunia, yaitu Piramida Carstenz, yang nama Carstenz ini diambil dari nama penemu pegunungan ini pada tahun 1623 yaitu Jan Carstenz.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo Image by Bromotour.co.id

Keindahan alam Indoesia yang mendunia berikutnya adalah Gunung Bromo, gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 2.329 diatas permukaan laut ini menjadi salah satu tujuan wisata alam yang populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Gunung Bromo juga termasuk dalam kawasan taman nasional, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya yang sangat istimewa, namun juga menyimpan kisah legenda yang menambah keseruan untuk berwisata alam di Gunung Bromo.

Gurun pasir merupakan salah satu yang paling memikat hati para pengunjung, jika selama ini kita melihat gurun pasir di daerah timur tengah, kini di Indonesia tepatnya di kawasan Gunung Bromo ini terdapat hamparan padang pasir luas yang merupakan tempat istimewa yang menjadi tujuan utama ketika berwisata ke kawasan Gunung Bromo.

Tidak hanya padang pasir, jika Anda senang berwisata alam dengan keindahan rumput dan pepohonan, Gunung Bromo adalah tujuan yang tepat, karena dengan luas kurang lebih 10km persegi, Anda bisa menikmati taman rumput berbukit yang hijau dan sangat indah, yang mungkin akan mengingatkan Anda pada serial film anak Teletubbies yang sempat booming pada era tahun 90an.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Image by Wisatania.com

Wisata alam Indonesia yang indah dan mendunia berikutnya adalah wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang mrupakan salah satu gunung berapi ini terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia tepatnya berada di sebelah utara kota Bandung. Wisata alam dengan suasana gas belerang dan sumber mata air panas menjadi tujuan wisata yang sangat menggoda untuk di kunjungi.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut ini, memiliki suhu yang cukup dingin pada siang harinya yaitu 17 derajat celcius, dan bisa menjadi 2 derajat celcius jika malam hari. Sehingga jangan lupa untuk menggunakan jaket tebal jika Anda berencana mengunjungi Gunung Tangkuban perahu pada saat malam ataupun siang hari.

Seperti wisata gunung bromo, wisata gunung Tangkuban Perahu juga memiliki sejarah ataupun legenda dan cerita rakyat yang menambah keistimewaan dari gunung Tangkuban Perahu.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo Image by Traveloby.com

Salah satu pulau yang eksotis yang sekaligus mendunia di Indonesia adalah pulau Komodo, pulau yang masuk daam Taman Nasional Komodo ini bedada di wilayah kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai barat Provinsi Nusa Tenggara TImur. Berada di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini pada tahun 2009 dinobatkan sebagai New Seven Wonders of Nature,  atau situr warisan dunia UNESCO.

Seperti namanya, Pulau Komodo di pulau ini Anda bisa melihat hewan Komodo, diperkirakan ada sekitar 1300 ekor komodo pada tahun 2009, ditambah lagi di pulau Gili Motang dengan jumlah keseluruhan bisa mencapai 2500 ekor.

Selain wisata dengan melihat hewan komodo, pulau ini menyimpan keindahan yang sangnat istimewa dan akan mengesankan waktu liburan Anda. Keindahan alam pegunungan dan juga pantai membuat pulau komodo menjadi salah satu tujuan wisata dunia yang sangat populer.

Keindahan pantai dan hamparan rumput hijau di bukit-bukit pulau komodo menambah eksotisme pulau komodo. Namun yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Pulau Komodo adalah selalu berada dalam aturan-aturan petugas penjaga pulau, karena bisa saja hewan Komodo menyerang pengunjung yang tidak jarang bisa berakibat fatal jika kita tidak mengindahkan aturan-aturan yang sudah dibuat pemerintah setempat.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinajin Image by rinjaninationalpark.com

Keindahan alam Indonesia yang mendunia berikutnya adalah keindahan alam yang dimiliki Gunung Rinjani. Gunung Rinjani memiliki ketnggian kurang lebih 3.726 di atas permukaan laut yang juga menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjanhi masuk dalam wilayah kabupaten Lombok Timur yang berlokasi di pulau lombok provinsi Nusa Tenggara Barat.

Alamnya yang sangat indah membuat Gunung Rinjani menjadi salah satu tujuan pendakian oleh para pendaki domestik maupun mancanegara. Keindahan danau segara anak yang terletak di Gunung Rinjani ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, dan sempat menjadi gambar di uang pecahan Rp.10.000 pada tahun 1998.

6. Banda Neira

Banda Neira Image by Ublik.id

Keindahan alam lainnya dari daerah timur Indonesia berada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku yaitu Banda Neira. Banda Neira merupakan sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Meskipun pulau ini tidak berukuran besar, namun pulau ini sudah dlengkapi dengan bandara dan dermaga laut yang ramai, sehingga bisa kita lihat bahwa keindahan pulau ini sudah mendunia, karena sangat banyak wisatwan mancanegara mengunjungi Banda Neira.

Pulau ini pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah pada abad ke 19. Dan merupakan salah satu pusat perdagangan pala pada masa penjajahan belanda. Pulau Neira tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat eksotis.

7. Danau Sentani

Danau Sentani Image by Viva.co.id

Jika ada yang menyebut kata Papua, biasanya wisata yang teringat adalah wisata laut dan kepulauan, apalagi kalau bukan Raja Ampat. Namun wisata yang alam yang indah bukan hanya kepulauan dan juga pantai yang ada di Raja Ampat. Papua masih menyimpan sangat banyak keindahan alam yang mendunia, salah satunya adalah Danau Sentani, danau ini terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas kurang lebih 245.000 hektar. Danau Sentani membentang di dua wilayah kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Danau ini sendiri memiliki luas 9.300 hektar di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut dan menjadi danau terluas di Papua. Tidak hanya keindahan danau, di danau ini terdapat 21 pulau kecil yang sangat indah menambah keindahan alam wisata Danau Sentani

8. Danau Paniai

Danau Paniai Image by biasputih.com

Masih ada lagi danau cantik dengan alam yang sangat indah di Papua selain Danau Sentani, yaitu Danau Paniai. Seperti namanya, danau ini terletak di Kabupaten Paniai Papua, danau ini pernah mendapatkan penghargaan danau terindah di seluruh dunia pada tahun 2007 yang di akui 157 negara.

9. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu Image by Pontianakpost.co.id

Masih dengan keindahan alam wisata danau di Indonesia, salah satu danau yang mendunia adalah Danau Kelimutu. Jika sebelumnya gunung rinjani pernah menjadi gambar dari pecahan uang Rp.10.000 di tahun 1998, danau kelimutu juga sempat menjadi gambar uang pecahan Rp.5000. Danau Keimutu juga dikenal sebagai danau 3 warna, karena memang danau ini memiliki 3 tempat dengan 3 warna yang berbeda.

Warna-warna danau juga bisa berubah sewaktu-waktu, para ahli menjelaskan perubahan warna tersebut terjadi karena perubahan komposisi material yang ada di dasar danau, namun demikian juga terdapat kisah-kisah legenda cerita rakyat mengenai penyebab perubahan warna danau

10. Gunung Ijen

Gunung Ijen Image by bobo.grid.id

Salah satu wisata alam di Indonesia yang mendunia adalah Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut ini memiliki keindahan yang tidak bisa ditolak untuk dikunjungi, bahkan sebagian orang menyebutkan harus mengunjungi Gunung Ijen minimal sekali seumur hidup.

Kandungan belerang yang tinggi tidak menghentikan keinginan para wisatawan untuk menikmati keindahan alam Gunung Ijen. Namun keselamatan tetap hal yang paling utama, sehingga Anda harus tetap berhati-hati saat mengunjungi Gunung Ijen.

Selain keindahan alam yang sangat indah, fenomena blue fire merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu wisatawan lokal maupun asing, karena blue fire ini hanya terletiak di Gunung Ijen ini. Tidak hanya para wisatawan yang sangat tertarik untuk menikmati blue fire ini, namun para ilmuan dan penelitipun sangat tertarik untuk melihat langsung fenomena blue fire ini.

Demikian 10 keindahan alam Indonesia yang mendunia yang bisa menjadi bahan dan rekomendasi tujuan wisata Anda.