10 Keindahan Alam Bali Seperti Surga Tersembunyi – Membahas keindahan pulau bali seakan tidak ada habisnya, pulau bali memang menjadi salah satu pulau primadona di Indonesia, bahkan tidak jarang bagi wisatawan asing ataupun orang luar negeri lebih mengenal pulau Bali di bandingkan Indonesia itu sendiri.

Pulau Bali juga tidak jarang masuk di urutan-urutan pulau terindah di dunia, sehingga tidak mengherankan jika pulau bali menjadi salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Jika selama ini kita mengenal keindahan pulau bali hanya pantai kuta saja, artikel ini akan membahas keindahan alam lainnya yaitu 10 keindahan alam bali seperti surga tersembunyi

1. Angel’s Billabong di Pulau Nusa Penida

Angel’s Billabong Image by NusaPenidaVacation.com

Untuk bisa menikmati keindahan alam sepert surga di Angel’s Billabong kita harus sampai di pulau Nusa Penida, perjalanan ke Pulau Nusa Penda bisa kita tempuh dengan speedboat dari dermaga di Sanur. Jangan khawatir untuk tidak kebagian speedboat karena saat ini sudah banyak jasa speedboat yang tersedia untuk jalur dari Sanur ke Nusa Penida yang jadwal berangkatnya bisa setiap jam, jadi kita hanya perlu menyesuaikan jadwal saja dengan keberangkatan speedboat.

Angel’s Billabong sering disebut dengan istilah kolam, karena memang area yang menjadi wisatanya tidak begitu besar, sehingga istilah kolam memang cocok. Keindahannya memang masih belum banyak yang mengetahui, karena untuk mencapai kolam ini butuh tenaga ekstra karena harus melewati tebing-tebing berbatu yang tajam, jadi bagi Anda yang benar-benar berniat untuk menikmati keindahan alam ini harus berhati-hati saat menaiki tebing-tebing tajam.

2. Secret Gardens 

Secret Garden Image by thebalibible.com

Keindahan alam bali seperti surga tersembunyi berikutnya adalah di Secret Gardens, disini Anda akan menemukan keindahan air terjun yang tidak terkalahkan. Keindahan alam disini masih sangat terjaga dan juga belum banyak orang yang mengunjungi Secret Gardens ini.

Desa Sambangan ditempuh kurang lebih 3 jam dengan berkendara dari bandara Ngurah Rai bali. Bagi Anda yang masih bingung akses ke Desa Sambangan lokasi Secret Gardens Anda bisa menggunakan jasa tour guide sampai ke lokasi Secret Gardens dengan nyaman.

Ketika sampai d Desa Sambangan, perjalanan menuju 7 air terjun atau titik Secret Gardens kira-kira memerlukan waktu 10 menit perjalanan kaki, meski cukup jauh Anda akan sangat puas dengan keindahan Secret Gardens. Perjalanan menuju Secret Gardens juga sangat indah, melewati pepohonan hijau yang asri sehingga tidak akan terasa membosankan.

3. Bukit Teletubbies di Nusa Penida

Bukit Teletubbies Image by balinetejai.lt

Masih ingatkan Anda dengan Teletubbies film serial anak pada tahun 90-an yang sangat terkenal? Ingat bukit-bukit hijau yang indah tempat bermain para teletubbies dalam film serial anak tersebut? Ternyata keindahan alam tersebut benar-benar ada dan terdapat di Bali. Berada di Nusa Penida, bukit yang hijau dengan lengkungan bukit yang rendah membuat bukit ini terlihat seperti bukit yang ada di film Teletubbies.

Perbukitan hijau di Nusa Penida ini didominasi buit kapur dengan lapisan tanah yang tipis sehingga padang rumput bisa tumbuh indah di kawasan ini. Permukaan bukit yang sangat hijau akan memanjakan mata Anda dan melepas penat Anda saat berwisata di bukit ni.

Selain bukit dengan padang rumput yang hijau, bukit ini juga ditumbuhi pohon-pohon gamal yang cantik juga beberapa pohon buah seperti jambu mete. Keindahan lain yang bisa Anda nikmati jika berada di atas bukit teletubbies adalah melihat keindahan laut lepas dan pemukiman penduduk yang tersusun indah.

4. Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida

Air terjun peguyangan Image by kintamani.id

Masih di Nusa Penida air terjun indah lainnya yaitu Air Terjun Peguyangan yang merupakan salah satu keindahan alam bali seperti surga tersembunyi.

Air terjun ini memang masih sangat alami dan juga benar-benar bagaikan surga yang tersembunyi, karena untuk akses ke air terjun ini wisatawan harus rela menaiki kurang lebih 870 anak tangga, ini karena air terjun ini berada tersembunyi di samping tebing yang berhadapan langsung dengan laut lepas dengan tebing-tebing tinggi yang curam. Tetapi tentu hasil jerih payah untuk bisa sampai ke air terjun ini akan segera terbayarkan.

Air terjun ini juga sebagai sumber air bersih sejak tahun 1995, bisa dibayangkan kan kejernihan air terjun ini. Warga setempat tidak hanya mengeanggap air terjun ini sebagai air terjun biasa karena mereka menganggap air terjun ini sebagai air suci, untuk itu bagi wisatawan yang datang jangan sampai tidak memperhatikan aturan-aturan yang di hormati oleh warga sekitar.

5. Blue Lagoon di Nusa Ceningan

Blue Lagoon Image by journeyera.com

Selatan pulau bali terdapat salah satu tujuan wisata favorit semua orang, yaitu Blue Lagoon di Nusa Ceningan yang masih masuk dalam gugusan pulau di Bali.  Wisata di Nusa Ceningan bisa dibilang belum seramai di tempat wisata lainnya di pulau bali, sehingga Anda masih bisa merasakan asrinya suasana pedesaan dan masih sangat kental dengan rasa tradisional. Wisatawan yang mengunjungi Nusa Ceningan memang bertujuan untuk mengunjungi Blue Lagoon yang dikenal sebagai lokasi Cliff Jumping dengan ketinggian hingga 13 meter.

Bagi Anda penggila wisata yang memacu andrenalin, wisata di Blue Lagoon ini dan mencoba Cliff Jumping menjadi tujuan yang tepat buat Anda. Namun bagi Anda yang tidak menginginkan melompat ke laut, Anda juga bisa menikmati indah birunya laut di Blue Lagoon.

6. Bukit Asah di Karangasem

Bukit Asah Image by Balidirections.com

Bagi Anda yang senang dengan wisata alam dan juga berkemah, di Bali bukan hanya wisata pantai saja.  Wisata alam dan berkemahpun bisa Anda dapatkan di Bali tepatnya di bukit Asah di Karangasem.

Tebing-tebing hijau dengan bentangan laut biru siap memanjakan mata Anda saat mengunjungi bukit Asah. Bukit Asah terletak di desa Bugbug kabupaten Karangasem yang bisa Anda tempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam dengan perjalanan mobil atau sepeda motor.

Keindahan alam Desa Bugbug juga akan menyambut Anda sebelum Anda menikmati kendahan dari bukit Asah. Bukit Asah berada di dataran tinggi, yang akan menjadikan momen sempurna bagi Anda yang sangat menikmati alam yang asri juga tenang dengan berkemah.

7. Broken Beach di Nusa Penida

Pasih Uug Image by dailyhotels.id

Belum habis keindahan alam bali seperti surga tersembunyi di Nusa Penida, masih dengan keindahan pantai kali ini dikenal dengan sebutan Broken Beach, yang sebenarnya oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Pasih Uug yang juga dalam bahasa Bali bisa berarti pantai rusak.

Sepert keindahan alam dan pantai lainnya di Nusa Penida Broken Beach juga masih sangat asri, masih sangat terjaga. Tidak hanya terjaga, tapi broken beach juga masih sangat kurang pengunjung sehingga Anda bisa benar-benar menikmati keindahan dan keunikan dari broken beach ini.

Tebing yang menjulan dan membentang di laut lepas yang jernih yang berbentuk sepert jembatan ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena keindahan lokasi dari Broken Beach ini tidak jarang pasangan calon pengantin mengambil foto prewedding di lokasi ini, tebing yang berlubang dan juga kejernihan laut membuat Broken Beach sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

8. Danau Buyan dan Danau Tamblingan

Danau Buyan dan Tamblingan Image by paketkebali.com

Jika Anda pecinta wisata danau, Bali bisa memberikan Anda tujuan wisata danau yang sulit untuk dilupakan, danau itu adalah danau buyan dan danau tamblingan yang biasa dikenal dengan danau kembar. Sejarah terciptanya danau kembar ini cukup unik, karena tercipta akibat letusan gunung lesung menciptakan danau yang berdekatan ini, sehingga sering disebut dengan danau kembar.

Kedua danau ini dipisahkan oleh hutan yang hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer saja, sehingga untuk berpindah dari danau buyan ke danau tamblingan tidak dibutuhkan waktu yang lama. Keindahan alam kedua danau ini sangat indah, pemandangan bagaikan puncak dengan bukit dan pepohonan juga jalan yang berkelok membuat wisata alam ini semakin indah.

9. Air Terjun Blahmantung

Air terjun blahmantung Image by Kintamani.id

Menikmati keindahan alam memang sangat cocok jika berwisata di pegunungan, ditambah lagi jika pegunungan tersebut terdapat air terjun tentu akan semakin terasa keindahan alamnya, salah satunya adalah air terjun Blahmantung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, meskipun tidak begitu tinggi air terjun ini keluar dari celah batu tebing membuat pemandangan di air terjun ini sangatlah indah. Keindahan alam air terjun ini juga ditambah dengan perkebunan coklat yang mengelilingi air terjun ini.

10. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul Image by rentalmobildibali.net

Keindahan alam bali seperti surga tersembunyi berikutnya adalah Air Terjun Sekumpul, air terjun ini sering disebut air terjun terindah di Bali. Meskipun lokasi yang berada cukup jauh dari Ibukota provinsi Bali yaitu sekitar 76KM tidak menghalangi wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengunjungi air terjung ini. Bagi Anda pecinta wisata air terjun, air terjun ini wajib untuk Anda kunjungi, karena sekali mengunjungi air terjun ini Anda akan menikmati 7 sekaligus keindahan air terjun yang ada di lokasi yang sama. Meskipun yang baru bisa di akses dengan mudah baru 2 air terjun saja, dan masing-masing air terjun memiliki ketinggian yang berbeda-beda.

Demikian 10 keindahan alam bali seperti surga tersembunyi yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bali, jangan lupa untuk kemudahan mengakses wisata-wisata tersebut sebaiknya menggunakan tour guide atau kerabat untuk bisa menemani Anda menikmati wisata-wisata diatas.