10 Keindahan Alam Air Terjun di Dunia – Salah satu wisata yang sangat mengundang perhatian adalah wisata alam air terjun, keindahan bentuk dan ketinggian menjadi daya tarik tersendiri, air terjun juga merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi di dunia, tidak setiap negara memiliki air terjun, sehingga wisata alam air terjun menjadi salah satu destinasi favorit.


Tidak heran jika sangat banyak wisatawan ingin mencari tahu dimana saja wisata alam air terjun yang indah di dunia, yang akan dijadikan tujuan atau target wisata berikutnya. Berikut artikel ini akan membahas mengenai 10 keindahan alam air terjun di dunia.

1. Dettifoss di Islandia

Air Terjun Dettifoss Image by AmusingPlanet.com

Islandia salah satu negara yang memiliki beberapa air terjun yang sangat indah, Negara yang memiliki iklim atlantik dengan hujan dan salju yang sangat sering terjadi berada di dekat kutub utara, jika musim panas tiba maka gletser yang ada akan mencair sehingga menciptakan sungai-sungai bahkan tidak jarang air terjun dengan kekuatan air yang kuat dan alam yang sangat indah.

Air terjun ini juga terkenal akan kekuatan air yag jatuh, air yang berasal dari aliran sungai Jokulsa ini juga berasal dari gletser. Kekuatan air terjun ini diketahui sebesar 500 meter kubik perdetik dan tergantung pada musim. Lebar air terjun sekitar 100 meter dengan ketinggian 44 meter.

2. Air Terjun Dunhinda, Srilanka

Air Terjun Dunhinda Image by Srilankaheavenholiday.com

Air terjun yang terletak di Badulla di Sri Langka ini dikenal dengan sebutan air terjun tetesan embun atau tetesan berasap, ini dikarenakan jika dilihat sepintas air terjun ini seperti kumpulan asap atau butiran-butiran embun yang turun. Berlokasi 5 Kilo meter dari kota Badulla, pengunjung harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Kurang lebih pengunjung harus berjalan sejauh 1 Kilo meter untuk bisa sampai di air terjun ini, namun perjalanan yang lumayan jauh akan terbayarkan dengan kendahan alam air terjun dengan ketinggian mencapai 64 meter ini.

3. Air Terjun Gocta di Peru

Gocta, Peru Image by Tixik.com

Keindahan alam air terjun di dunia berikutnya adalah air terjun yang terletak di Peru dengan nama Gocta. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi ketiga di dunia sehingga tidak mengherankan kalau air terjun ini menjadi salah satu tujuan wisata dunia.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 870 meter ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, lokasi air terjun yang masuk kedalam hutan Peru menjadi sensasi tersendri untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Pengunjung harus siap berjalan kurang lebih 2 jam agar bisa sampai di air terjun ini, dengan melewati hutan lindung yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah setempat, sehingga alam hutan yang masih sangat terjaga ditambah lagi suasana berkabut yang tidak jarang di temui oleh para wisatawan.

4. Air Terjun Iguazu

Air Terjun Iguazu Image by: InterpidTravel.com

Keindahan alam air terjun di dunia berikutnya adalah air terjun Iguazu di perbatasan Brazil dan Argentina, jika dilihat air terjun ini seakan membelah dan memisahkan Brazil dan Argentinya, dengan presentasi kurang lebih 20% berada di wilayah Brazil dan 80% air terjun berada di wilayah Argentina.

Keindahan air terjun Iguazu juga menyimpan legenda dan cerita rakyat mengenai terciptanya air terjun ini, yang secara singkat adalah kemarahan dewa sehingga membelah sungai ini dan menjadi pemisah Brazil dan Argentina.

Air terjun ini bisa dijangkau dengan perjalanan darat menggunakan mobil dari ibukota Misiones di Argentina atau lebih tepatnya dari kota Posadas, dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Namun jika Anda sedang berlibur di Brazil, waktu tempuh bisa jadi akan lebih panjang sekitar 8 jam perjalanan darat.

Dikarenakan air terjun ini bisa dinikmati dari 2 tempat yang berbeda, yaitu Brazil dan Argentina, masing-masing keindahan alam tentu berbeda, jika Anda bisa untuk menikmati dari Brazil dan Argentina tentu akan jauh lebih memuaskan.

5. Air Terjun Niagara di Kanada

Air Terjun Niagara Image by NiagaraFallsLive.com

Air terjun yang berasal dari sungai Niagara ini berada di perbatasan antara negara bagian New York dengan Provinsi Kanada dengan jarak 27 kilo meter dari Bufallo New York. Air terjun ini terkenal didunia bukan karena ketinggiannya, namun karena lebarnya, dan merupakan air terjun terlebar di dunia dengan lebihd dari 168 ribu kubik air per menit dan menjadi air terjun terkuat yang ada di Amerika Utara.

Dikarenakan air terjun ini sangat lebar, tidak jarang pengunjung bisa melihat bias pelangi terjadi di antara air terjun yang menambah keindahan alam air terjun Niagara dan merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara

6. Air Terjun Nohkalikai di India

Air Terjun Nohkalikai Image by top-10-india.com

Air terjun yang satu ini tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga memiliki tinggi yang luar biasa yaitu setinggi 1.115 kaki yang sekaligus manjadikan air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di india. Keindahanalam air terjun di dunia juga dimiliki oleh air terjun Nohkalikai ini, meskipun ini adalah air terjun tertinggi di India, namun air terjun ini juga terkenal dengan ketenangan air yang meluncur dari ketinggian.

Air terjun yang terletak di Kota Cherrapunji ini memiliki legenda, yaitu menurut kisah dari warga sekitar bahwa air terjun Nohkalikai perwujudan dari kesedihan seorang Ibu yang ditinggal anaknya karena kematian, kisah-kisah dan legenda ini menambah keistimewaan air Terjun Nohkalikai di India ini.

7. Air Terjun Plitvice di Kroasia

Air Terjun Plitvice Image by Croatiaweek.com

Air terjun yang terletak di danau Plitvice ini memang bukan air terjun yang besar, apalagi yang tinggi, air terjun ini memiliki daya tarik karena pemandangannya yang sangat indah. Keindahan alam air terjun dunia yang terindah bisa dinobatkan pada air terjun Plitvice ini.

Air terjun ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan berada dalam Nacionalni Park Plitvicka Jezera atau taman nasioal danau Plitvice. Keindahan danau dan kejernian air ditambah dengan hadirnya air terjun di danau ini menambah keindahan danau Plitvice, sehingga orang-orang yang ingin berkunjung melihat air terjun ini sekaligus sangat menikmati keindahan alam dan juga keindahan danau Plitvice.

8. Air Terjun Puente de Dios  di San Luis Potosí, Mexico

Puente de Dios Image by Elnacional.com.do

Air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang sangat istimewa berikutnya ada di meksiko, seperti air terjun Plitvice, air terjun ini bukanlah air terjun yang tinggi juga bukan air terjun yang lebar seperti air terjun Niagara. Air terjun ini terkenal dengan keindahannya, air yang sangat jernih dengan air terjun yang sangat tenang membuat daya tarik air terjun ini tidak kalah dengan air terjun tinggi ataupun lebar yang ada didunia.

Terletak di Tamosopo, San Luis Potosi, Meksiko air terjun ini memiliki gua-gua kecil dibawah air sungai dari air terjun ini, sungai Gallinas menjadi penambah keindahan air terjun ini.

9. Air Terjun Tanap Avis di Filipina

Air Terjun Tanap Avis Image by Tupanggala.com

Keindahan alam air terjun di dunia berikutnya adalah Air Terjun Tanap Avis yang terletak di Filipina, tepatnya di Burgos, Ilocos Norte, Filipina. Air terjun ini masih terbilang belum banyak yang mengetahuinya, namun banyak yang sudah mengunjungi air terjun ini meyakini bahwa air terjun Tanap Avis merupakan salah satu air terjun terindah di dunia.

Akses menuju air terjun ini masih sulit, namun semua akan terbayarkan jika Anda sudah sampai di air terjun ini, keindahan air dan alam yang ada di kawasan air terjun ini menambah keindahan dari air terjun Tanap Avis

10. Air Terjun Tugela di Afrika Selatan

Air Terjun Tugela Image by bacaan.online

Air terjun yang terletak di Afrika selatan ini merupakan air terjun tertinggi kedua di dunia, dengan ketinggian 948 meter dan juga menjadi air terjun tertinggi di Afrika. Selain daya tarik air terjun tertinggi kedua di dunia, air terjun ini juga memantulkan warna berkilau sesaat setelah hujan, menambah keindahan alam dan pemandangan dari air terjun tertinggi ke dua di dunia ini.

Demikian beberapa keindahan alam air terjun di dunia yang bisa kami bahas di artikel ini, semoga bisa menjadi rekomendasi saat ingin berlibur keluar negeri.