10 Keajaiban Dunia Modern Yang Menakjubkan – Membahas mengenai keindahan dunia modern tidak bisa terlepas dengan keajaiban-keajaiban yang terjadi didunia modern, kemampuan teknologi saat ini menjadikan sebagian penemuan menjadi terlihat ajaib bagi sebagian kalangan. Keajaiban dunia modern lebih kearah penggunaan teknologi canggih sehingga mampu membuat sesuatu diluar nalar ataupun sesuatu yang belum pernah dibuat oleh generasi sebelumnya.

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai keajaiban dunia, keajaiban dunia kuno, kali ini kita akan bahas mengenai keajaiban lagi namun dilihat dari dunia modern, sangat menarik rasanya mengetahui kemampuan orang-orang saat ini dalam zaman modern membuat keajaiban-keajaiban dalam penemuan yang bisa dikatakan sebagai keajaiban dunia.

Berikut akan kami bahas mengenai hal tersebut, keajaiban dunia modern berikut artikel tentang 10 keajaiban dunia modern, silakan disimak.

1. Menara CN

Menara CN Image by tripsavvy.com

Menara yang satu ini merupakan menara tertinggi didunia, yang bisa dikatakan sebuah keajaiban dunia modern saat ini karena ketinggiannya mencapai 553.33 meter, menara yang terletak di kota Toronto ini menjadi ikon dari kota tersebut. Pembangunan menara ini juga dibuat dalam waktu singkat, hanya berkisar 40 bulan saja, dan pembangunan sudah dimulai dari tahun 1973.

Dimenara ini terdapat 1.776 anak tangga yang bisa digunakan dari bawah hingga mencapai bagian teratas menara, tangga-tangga tersebut sekaligus juga menjadi tngga dengan bahan metal tertinggi diduna. Meskipun demikian tangga ini hanya digunakan untuk keadaan darurat saja dan tertutup untuk umum, dan biasanya dibuka sebanyak 2 kali dalam setahun karena digunakan untuk acara lomba naik tangga.

Pembangunan menara ini membutuhkan 1.537 pekerja dan dibuka pada tahun 1976 atau hanya membutuhkan waktu sekitar 40 bulan saja untuk menciptakan menara tertinggi didunia ini. Tidak hanya tinggi yang menjadi perhatian dunia, dan bukan hanya jumlah anak tangganya, namun bagian atas dari menara ini yang disebut dengan skypod merupakan dek pengamatan publik tertinggi didunia.

2. Empire State Building

Empire State Building Image by newyorkseightseeing.com

Gedung yang satu ini merupakan salah satu gedung pencakar langit yang terletak di New York, bangunan yang saat ini mejadi gedung tertinggi di New York setelah kehancuran gedung WTC pada tahun 2001. Gedung ini juga menjadi ikon dari Amerika serikat dan menjadi gedung tertinggi ke 4 di Amerika, gedung ini dianggap sebagai keajaiban dunia modern.

Meskipun masuk pada kategori keajaiban dunia modern, nyatanya gedung ini sudah lama selesai pembangunannya yaitu pada tahun 1931, dengan arsitektur yang khas gedung ini menempati posisi teratas dalam peringkat daftar arsitektur terpopuler di Amerika Serikat menurut AIA.

3. Gedung Dynamic Tower Skyscraper

Dynamic Tower Image by constructionweekonline.com

Menara ini bisa dibilang menara yang memiliki desain unik yang tidak biasa, tidak hanya bentuknya yang unik menara ini juga adalah sebuah karya inovatif dalam dunia arsitektur, karena menara ini dapat berputar secara bebas dengan setiap tingkat akan berputar 6 meter permenit, atau kurang lebih butuh 90 menit untuk bisa mencapai putaran penuh.

Salah satu yang unik dari pembangunan menara ini adalah 90% bagian menara akan dibangun di pabrik, berbeda dengan konstruksi biasa yang langsung dibangun ditempat berdirinya, menara ini dibangun terlebih dahulu dipabrik dan lalu dikirimkan untuk tahap selanjutnya.

4. Jembatan Golden Gate

Golden Gate Image by sf.curbed.com

Jembatan ini adalah jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 2.727 kilo meter dengan ketinggian 230 meter diatas permukaan laut. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1937 dan mulai dibangun pada tahun 1933. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan teluk san fransisco dengan samudera pasifik, sebelum jembatan ini berhasil dibuat satu-satunya cara untuk menyebrang adalah dengan menggunakan kapal feri. Perancang jembatan ini adalah pria kelahiran Ohio yang sudah membangun seluruh jembatan di amerika serikat.

Joseph B Strauss adalah orang yang merancang jembatan ini, namun meskipun sudah sangat berpengalaman dalam membangun jembatan Strauss dan team mengalami beberapa kendala termasuk salah satunya adalah perlawanan dari pejabat kota yang mengkhawatirkan pembiayaan jembatan yang sangat mahal, selain itu para pelaku bisnis kapal feri juga menentang ide Strauss karena khawatir bisnis transportasi kapal fer akan terganggu.

Tidak hanya itu, arus laut yang kuat membuat pekerja harus bekerja ekstra untuk bisa membangun jembatan ini, tercatat 11 orang pekerja tewas dalam pembangunan jembatan ini, bahkan dikatakan bahwa 10 orang tewas di hari yang sama pada tahun 1937 tanggal 17 februari. Setelah melewati banyak perjuangan pembangunan jembatan ini, pada akhirnya jembatan ini mendapat sambutan sebanyak 200 ribu orang yang merayakan selesainya proyek jembatan tersebut.

5. Terowongan Channel

Channel Image by tantristory.wordpress.com

Salah satu keajaiban dunia modern adalah terowongan rel kereta api, yang sepanjang 50 kilo meter di bawah selat inggris, terongan ini berada di bawah laut tidak seperti biasanya terowongan kereta api berada di atas permukaan tanah.

Terowongan kereta ini menghubungkan bagian selatan Britania Raya dengan Calais di utara Perancis, proyek in selesai dibangun pada tahun 1994 dengan mengalami beberapa kali kesalahan saat proses pembuatannya.

6. Delta Plan

Delta Plan Image by holland.com

Bagian barat belanda yang dilindungi dari ancaman air pasang merupakan ide awal untuk melakukan proyek raksasa ini, tidak tanggung-tanggung proyek ini dibangun dengan tahap awal menutup laut, lebih tepatnya laut zuiderzee dengan tanggul sepanjang 30 km. Proyek penutupan laut ini merupakan proyek terbesar yang pernah dilakukan dalam proyek pengeringan air laut. Cara untuk membendung laut adalah dengan menggunakan kota-kotak raksasa yang terbuat dari besi dan beton yang diturunkan kedalam air.

Proyek ini berawal dari studi yang dilakukan pada tahun 1937 bahwa sebagian besar wilayah belanda sanga rentan dengan badai dan permukaan laut yang tinggi terbukti sangat sulit untuk membangun tanggul baru atau untuk memperkuat tanggul yang sudah ada. Berbagai cara dilakukan namun belum memberikan hasil terbaik hingga pada akhirnya proyek ini dilakukan.

7. Capital Gate

Capital Gate Image by Oddviser.com

Sebuah gedung pencakar langit di abu dhai uni emirat arab masuk dalam rekor dunia pada tahun 2010 sebagai bangunan miring tertinggi didunia. Bangunan ini jika dilihat sekilas memang sedikit mengkhawatirkan bagaimana tidak, bangunan ini memiliki kemiringan yang jika dilihat memang seperti akan jatuh. Kemiringan 18 derajat ini adalah sebuah teknik arsitektur yang disebut dengan pre cambered core yaitu menggunakan beton bertulang baja yang dibangun keluar dari pusat titiknya.

8. Sunrise Kempinski Hotel

Sunrise Hotel China Image by arquitecturaviva.com

Sebuah bangunan hotel dengan bangunan full kaca ini merupakan bagian dari keajaiban dunia modern, hotel ini diselimuti oleh 10.000 kaca yang dengan desain yang sedemikian rupa membuat bagian tengah dari hotel ini mencerminkan pegunungan Yanshan dan bagian bawahnya tercermin sebuah danau. Hotel ini dibangun ditepi danau dengan letak 60 kilo meter diluar beijing.

9. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands Image by hotelcombined.com.au

Sebuah pusat hiburan terpadu menghadap ke teluk Marina di Singapur merupakan salah satu tempat favorit dan spot berfoto bagi para wisatawan. Tempat wisata ini memiliki 2.561 kamar hotel dengan ruang pameran dan pertemuan seluas 120.000 meter, terdapat mal, museum, teater dan masih banyak lagi. Sky park yang dengan panjang 340 meter ini mampu menampung hingga 3.900 orang dan juga terdapat kolam renang tanpa batas sepanjang 150 meter yang erupakan ruang menggantung terbesar di dunia.

Bagi Anda yang sedang atau akan mengunjungi singapore jangan sampai ketinggalan untuk berfoto dengan latar belakan marina bay ini, karena memang menjadi salah satu ikon wisata dari kota singapur.

10. Sydney Opera House

Sydney Opera House Image by sydney.com

Salah satu bangunan yang merupakan bangunan tertua pada daftar arsitektur modern adalah Sydney Opera House yang mana gedung ini diresmikan pada tahun 1973.

Bangunan ini memiliki desain yang sangat unik dan sangat modern pada masanya bahkan hingga sekarang, bangunan dengan atap putih dan platform granit merah besar telah diakui oleh duni internasional sebagai ikon arsitektur abad ke 20.

Sekilas bentu dari bangunan ini seperti kerang, terdapat 3 bagian dari Sydney Opera House, dengan teras yang luas bagi pejalan kaki. Bangunan ini juga menjadi titik fokus pada pelabuha Sydney.

Demikian keindahan dan kecanggihan teknologi dan menjadikan bangunan-bangunan diatas sebagai keindahan keajaiban dunia modern. Semoga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin berwisata keluar negeri.