10 Keajaiban Dunia Kuno Yang Menakjubkan – Pesona keindahan keajaiban dunia dari beberapa negara didunia memang tidak ada habisnya, ribuan wisatawan berusaha untuk melihat langsung keajaiban-keajaiban dunia itu. Keindahan dan sejarahnya membuat keajaiban dunia sangat istimewa dan memang layak untuk dikunjungi.

Beberapa keajaiban dunia seperti yang sudah kami bahas sebelumnya adalah keajaiban dunia yang sudah sangat terkenal dan beberapa merupakan keajaiban yang baru berdasarkan hasil survey yang dilakukan belum lama ini.

Keajaiban dunia yang sudah terkenal sejak lama di antara lain adalah menara eiffel, piramid, tajmahal di India, dan lainnya. Namun tahukah Anda ada beberapa keajaiban dunia yang kuno? Bahkan beberapa sumber menyatakan lebih tua dari yang pernah ada sebelumnya. Namun beberapa diantaranya saat ini mungkin sudah tidak bisa ditemukan lagi. Berikut akan kami bahas dalam artikel ini beberapa keajaiban dunia yang dikatakan kuno, berkut 10 keajaiban dunia kuno.

1. Taman Gantung Babylonia

Taman Gantung Babylonia Image by simplemenarik.blogspot.com

Taman gantung babylonia adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang dikatakan kuno, taman ini dibangun oleh cucu raja Hummarabi yang terkenal di masanya dan diperkirakan sekitar tahun 600 sebelum masehi, pembuatan taman gantung ini menurut beberapa ahli mengatakan bahwa untuk hadiah bagi sang istri yang merindukan rumahnya. Taman ini diperkirakan hancur saat abad ke 2 sebelum masehi yang kemudian taman gantung ini didokumentasikan oleh sejarawan Yunani.

Arsitektur dari taman berbentuk arsitektur khas Mesopotamia yang dikenal oleh rakyat Mesopotamia sejak lama. Taman ini ditanami oleh tanaman-tanaman yang indah, dan di tanam diantara bangunan-bangunan kota yang tinggi dari permukaan tanah, hal itu yang menjadikan orang-orang melihatnya seperti taman gantung.

Taman gantung babylon kemudian menjadi sangat tekenal diseluruh dunia pada masanya, luas taman diperkirakan 4 rbuan meter dan menjadi monumen agung kerajaan babylon yang tiada duanya.

2. Gerbang Ishtar

Gerbang Ishtar Image by Amazine.co

Gerbang ini merupakan salah satu gerbang di kota Babylonia lebih tepatnya gerbang ke 8 dari kota Babylonia, gerbang ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 575 sebelum masehi di bawah pemerintahan Raja Nebukadnezar II.

Gerbang besar yang megah dengan arsitektur khas Babylonia ini merupakan sebuah gerbang yang megah dan sangat populer pada masanya, sekaligus juga menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia namun pada abad ke 6 gerbang ini tidak lagi menjadi 7 keajaiban dunia karena di gantikan oleh mercusuar iskandariyah.

3. Banaue Rice Terraces

Banaue Rice Terraces Image by banaueterraces.com

Jika sebelumnya bangunan buatan manusia menjadi salah satu dari keajaiban kuno di duna, di Filiphina pada masanya memiliki keajaiban kuno dan sangat tradisional. Yaitu berupa lereng persawahan yang berada di ketinggian 1500 di atas permukaan laut dengan luas 10.360 yang mengelilingi gunung. Banaue Rice Terraces juga diperkirakan berumur 2000 tahun dibuat oleh suku asli Batad dan diperkirakan teras sawah ini dibuat menggunakan tangan pada masa itu dan juga perlengkapan-perlengkapan kuno yang sederhana, Teras Sawah banaue ini terdapat di Filipina di provinsi Ifugao.

Selain dari keindahannya yang sangat luar biasa, keajaiban yang terdapat pada Banaue Rice Terraces adalah adanya sistem irigasi yang rumit yang sudah diatur sedemikian rupa agar mengalir pada persawahan, sampai saat ini masih menjadi tanda tanya bagaimana sistem irigasi ini dibuat pada masa itu. Namun dari tahun ke tahun peninggalan bersejarah ini mulai hilang, dan erosi secara bertahap, selain itu kekeringan juga mulai melanda wilayah ini, sehingga cukup sulit untuk dilakukan rekonstruksi dan melihat keindahan dari Banaue Rice Terraces, beruntung saat ini Anda sudah bisa lagi menikmati keindahan teras sawah ini, Anda bisa mengambil paket tour ke Filipina dan mengunjungi tempat bersejarah ini.

4. Patung Zeus

Patung Zeus Image by news.okezone.com

Salah satu keajaiban dunia kuno adalah patung Zeus yang diperkirakan di bangun pada abad ke 5 sebelum maseehi, patung dengan tinggi 12 meter ini mengisi kuil zeus yang dibangun sebagai rumah dari patun ini. Saat ini kita sudah tidak dapat menemukan dan melihat langsung patung bersejarah ini, karena sudah hancur dan akibat kehancurannya masih belum memiliki kejelasan karena para ahli masih memperdebatkan kehancuran dari patung Zeus, patung Zeus masuk dalam 7 keajaiban dunia kuno yang ada di Yunani.

5. Kuil Artemis

Kuil Artemis Image by ariantiyoulie.blogspot.com

Bisa di bilang di daerah Yunani memang memiliki beberapa tempat wisata yang indah-indah dan sekaligus yang pernah masuk keajaiban dunia, seperti yang sebelumnya patung Zeus, adalagi kuil yang juga dulu pernah masuk sebagai keajaiban dunia yang juga diakaui sebagai keajaiban dunia kuno. Bangunan berupa kuil ini terletak di Yunani dan didirikan oleh Artemis, sehingga diberi nama kuil Artemis, diperkirakan di bangun pada tahun 550 sebelum masehi di Efesus yang pada saat itu dibawah kepemimpinan Achaemenid dari kekaisaran Persia. Kuil ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban kuno, namun sayang sekali saat ini kita sudah tidak bisa menikmati keindahan bangunan baik dari foto-foto terbaru maupun berkunjung langsung, karena kuil ini sudah hancur dan tidak berbentuk lagi.

6. Mausoleum Maussollos

Mausoleum Maussollos Image by unmuseum.org

Masih dengan arsitektur orang Yunani yang memang terkenal dengan keindahannya, keindahan arsitektur Yunani memang sangat indah untuk dinikmati bahkan hingga kini arsitektur Yunani memang memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satuya yang dibangun di Turki ini dan menjadi salah satu dari keajaiban dunia. Bangunan ini diperkirakan dibangun di antara tahun 353 dan 350 sebelum masehi,  bangunan ini di di buat oleh 2 arsitektur Turki yang diketahui namana Setyrus dan Pythius, dengan tinggi sekitar 45 meter. Namun sayang bangunan ini kini tidak lagi bisa dinikmati dengan utuh karena sudah runtuh dan hancur.

7. Mercusuar Iskandariyah

Mercusuar Iskandariyah Image by Gedubar.com

Mercusuar ini pernah menjadi tujuh keajaiban dunia yang kuno, bangunan yang dibangun pada abad ke 3 sebelum masehi ini memang memiliki pesona yang mengagumkan, letaknya di pulau Pharos berdekatan dengan kota Iskandariyah kuno di Mesir Kuno. Bangunan dengan tinggi yang diperkirakan mencapai 115 meter ini meruakan bangunan tertinggi yang pernah dibangun manusia dan pencapaian tersebut bertahan lama hingga ratusan tahun.

Bangunan ini dibangun dengan menggunakan batu, dan juga mempunyai 3 bagian dalam bangunan, bagian bawah berfungsi seperti teras ousat, kemudian bagian tengah dan bagian atas yang berbentuk bulat. Konon bangunan ini sudah terlihat dari jarak 56 kilo meter karena ketinggian bangunan ini, sehingga tidak mengherankan jika bangunan ini pernah menjadi bangunan tertinggi didunia dan bertahan ratusan tahun.

8. Piramida Agung Giza

Piramid Image by id.wikipedia.org

Piramida yang merupakan piramida dengan ukuran terbesar yang pernah ada ini merupakan tertua dan terbesar di dunia, dan piramida ini merupakan satu-satunya piramida dengan bangunan yang masih menjadi dari bagian tujuh keajaiban dunia dan menjadi tujuh keajaiban dunia yang kuno. Menurut sejarah bahwa bangunan ini dibangun kurang lebih selama 20 tahun dan diperkirakan pembangunan berlangsung pada sekitar tahun 2560 sebelum masehi, menurut sejarah piramida ini digunakan sebagai makam dari Firaun.

9. Kolosus di Rodos

Kolosus Image by greece.greekreporter.com

Sebuah patung yang pernah menjadi bagian dari keajaiban dunia ini berada di pulau Rodos Yunani. Yang diketahui dibuat oleh Chares dari Lindos dengan tahun pembuatan diperkirakan antara 280 sampai 292 sebelum masehi, patung dengan ketinggian mencapai 30 meter ini menjadi patung tertinggi yang pernah dibanggun manusia pada masanya, dengan tenologi pada masa itu tentu sebuah keajaiban jika bisa membuat patung dengan ukuran paling tinggi di dunia, tidak hanya itu desainnya juga sangat menarik, seperti terlihat menggunakan teknologi terini dalam pebuatannya. Ketinggian bangunan ini hampir menyamai patung liberty pada saat ini

10. Sigiriya

Sigiriya Image by lonelyplanet.com

Sebuah batu menjadi salah satu keajaiban dunia yang kuno dan menjadi situs warisan dunia UNSECO teretak di Sri Lanka. Sigiriya merupakan biara perlindungan yang berlangsung sekitar pada abad ke-5 sebelum masehi. Sekitar Sigira dikelilingi oleh hutan dan dibawahnya terdapat tanaman dan juga sistem irigasi yang indah dan sekaligus rumit. Tidak hanya itu, pendistribusian air juga dibilang rumit dan kompleks, namun sudah ada dan berfungsi pada masa kejayaanya membuat Sigiri menjadi salah satu dari keajaiban dunia.

Demikian 10 keajaiban dunia kuno yang bisa kami bahas, semoga dapat menambah wawasan dan jika masih memungkinkan untuk dikunjungi beberapa keajaiban dunia diatas masih dapat kita temui, namun sebagian besar sudah hancur dan tidak lagi berjaya seperti pada masanya.