10 Keajaiban Dunia di Yordania Selain Petra Yang Menakjubkan – Salah satu negara yang terdapat dalam negara timur tengah yang berbatasan dengan Arab Saudi adalah Yordania, negara ini berbatasan langsung dengan arab saudi ada bagian selatan dan timur, sedangkan pada bagian utara Yordania berbatasan langsung dengan Suriah, dan pada bagian barat berbatasan langsung dengan Israel.


Negara ini berbeda dengan beberapa negara di timur tengah yang biasanya memiliki kekaaan tambang, namun Yordania sendiri tidak memiliki kekayaan tambang, sehingga kebutuhan minyak bumi yang dibutuhkan oleh negara di import dari negara-negara tetangga. Negara ini memang bukan penghasil minyak yang kaya seperti beberapa negara tetangganya, namun pesona wisata di negara ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat negara ini menjadi salah satu tujuan wisata dunia, yang bisa kita tebak bahwa pemasukan dari devisa tentu sangat besar.

Salah satu yang paling terkenal di Yordania adalah wisata di kota tua Petra, kota yang di bangun dengan pahatan-pahatan batu besar ini memang sangat mengaggumkan, kota ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, juga karya pahatan-pahatan batu yang sangat mempesona para wisatawan manca negara.

Selain dari kota tua tersebut di Yordania sendiri memiliki banyak sekali tujuan wisata yang sangat menakjubkan beberapa di antaranya juga menjadi keajaiban dunia, berikut akan kami bahas tujuan wisata dunia di Yordania yang juga menjadi keajaiban dunia yang menyedot perhatian para wisatawan dunia, kami rangkum artikel ini dalam 10 keajaiban dunia di Yordania

1. Laut Mati

Laut Mati image by pena19.wordpress.com

Laut Mati atau the dead sea memang menjadi salah satu tujuan wisata dunia yang sangat populer di dunia, selain dari keunikan wisata ini yang bisa membuat orang floating atau melayang saat berendam di wisata ini, pemandangan yang indah yang disuguhkan oleh wisata ini juga sangat menyita perhatian wisatawan dunia.

Terdengar sedikit mengerikan, Laut mati sebenarnya bukan laut yang mengerikan melainkan sebuah danau besar yang memiliki air yang asin yang membentang sangat luas yaitu dengan panjang sekitar 76 kilo meter, karena danau yang lebar ini sehingga danau ini juga sering disebut dengan laut mati. Kata mati sendiri karena di danau ini tidak ada satupun hewan laut yang hidup seperti ikan karena kadar garam yang ada di laut mati sangatlah tinggi, menurut penelitian bahwa kadar garam di laut mati bisa sampai 9 kali lipat kadar garamnya jika di bandingkan dengan kadar garam yang ada di laut. Sehingga sangat tidak memungkinkan untuk ikan bisa hidup di laut mati.

Kadar garam yang tinggi ini menyebabkan keunikan dilaut mati yaitu siapa saja yang bercebur di laut mati dia tidak akan tenggelam bahkan bisa mengapung tanpa perlu bersusah payah. Selain keunikan tersebut, lumpur dari laut mati memiliki khasiat yaitu menghaluskan kulit sehingga sangat disukai wisatawan saat mengunjungi laut mati ini, terutama bagi wanita.

2. Petra

Petra Image by lonelyplanet.com

Petra merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Yordania dan menjadi salah satu tujuan wisata dunia, Petra juga adalah salah satu keajaiban dunia kuno. Petra merupakan sebuah kota yang dibuat dengan cara dipahat di batu-batu gunung besar yang sangat keras, pemahatannya juga sangat indah dan rapi, tidak hanya itu teknologi dari zaman kuno sudah ada disini, seperti terdapatnya irigasi yang terintegrasi didalam kota ini.

Pemahatan dan juga teknologi yang ada dalam kota ini membuat wisatawan sangat takjub, karena sangat luar biasa memang jika di lihat dari zaman dulu yang serba kekurangan, baik dari alat maupun ilmu pengetahuan yang belum berkembang pesat seperti sekarang dalam segi rancang bangunan.

3. Roman Theater

Roman Theater Image by 10mosttoday.com

Jika d Roma ada Colosseum di Yordania ada bangunan yang sekilas mirip dengan Colosseum yaitu Roman Theater, tempat ini adalah gedung teater yang memiliki ukuran yang sangat besar dan curam, tempat ini juga mampu menampung hingga 6000 penonton sekaligus. Konon tempat ini dibuat pada tahun 169 masehi hingga 177 masei atas perintah pemerintahan Marcus Aurelius.

Romah Theater sendiri terbagi atas 3 bgian horizontal, yang pertama adalah bagian pintu masuk, yang kedua adalah daerah menuju ruang orchestra, dan yang ketiga adalah panggungnya. Meskipun bangunan ini terlihat kuno namu bangunan ini tidak lagi terlihat original karena memang tidak 100% bahan penyusun bangunan ini merupakan bahan asli, karena saat dilakukan renovasi pada tahun 1957, banyak bahan material asli yang diganti dengan bahan lainnya sehingga material asli tidak lagi 100% menjadi bagia dari Roman Theater.

4. Aqaba

Aqaba Image by expedia.com

Aqaba adalah kota pesisir yang sangat indah dan merupakan gerbang utama Yordania menuju lautan, di pesisir pantai ini Anda bisa menemukan banyak sekali resort dan daya tarik pantai yang luar biasa.

Selain banyaknya resort yang membuat pesisir pantai ini sangat ramai di Aqaba sendiri memiliki banyak titik penyelaman, yaitu sampai 21 titik penyelaman yang merupakan salah satu tujuan wisatawan asing khususnya bagi pecinta diving. Selain wisata diving Aqaba menjadi salah satu tujuan wisata Museum yaitu yang terkenal Aqaba Heritage Museum yang menampilkan benda-benda bersejarah zaman dulu di Yordania.

5. Gua Ashabul Kahfi

Gua Ashabul Kahfi Image by media.ihram.asia

Gua yang merupakan salah satu kisah yang diabadikan dalam Al-Qur’an dalam Surah Al-Kahfi ini menjadi salah satu tujuan wisata di Yordania. Dalam kisahnya yang ada di Al-Qur’an 7 orang pemuda Shalih yang lari dari raja Kejam pada Zamannya bersembunyi di gua ini dan tertidur selama 300 tahun lamanya, hingga mereka keluar gua pada saat Raja Zalim tersebut tidak lagi memimpin. Kisah ini bisa dibaca dan diambil makna pelajarannya di Al-Qur’an Surah Al-Kahfi dan jangan lupa untuk membaca tafsir dari Surah ini sehingga lebih mendatangkan manfaat dan mudah untuk memahami setiap ayatnya.

6. Hercules Temple

Bagi Anda yang biasa mendengar kisah Hercules, di Yordania bisa Anda kunjungi reruntuhannnya, Kuil ini terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan kuil-kuil yang ada di romawi. Kuil ini di topang oleh pilar tinggi setinggi 33 kaki.

Anda akan merasakan suasana seperti di kota Roma saat memasuki kuil ini, karena kuil ini dibangun pada masa kekaisaran Marcus Aurelius seorang kaisar Romawi.

7. Desert Castles

Desert Castles Image by stophavingaboringlife.com

Arsitektur islam yang masih berdiri tegak ini merupakan salah satu tujuan wisata yang ajaib yang ada di Yordania, kastl megah yang dibangung pada abad ke 7 ini memang menyuguhkan keindahan yang luar biasa, lukisan dinding yang sangat artistik mosaik-mosaik Islam, dan relief-relief Islam yang indah bisa Anda nikmati disini. Kastil ini dibangun saat Khalifah Ummayah memerintah dan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai pos pengawasan, tempat tinggal dan juga tempat singgah bagi para pedagang.

8. Wadi Rum

Wadi Rum Image by pixers.pl

Wadi Rum merupakan lokasi wisata padang pasir, dan merupakan padang pasir yang luas dan panas, tempat ini memiliki julukan The Valley of The Moon. Daya tarik dari wisata Wadi Rum ini adalah bukit-bukit batu yang tinggi, dengan ketinggian mencapai 1.700 meter. Lokasi ini menjadi lokasi favorit bagi wisatawan yang memiliki hobi panjat tebing. Selain itu juga wisatawan juga bisa menjelajah padang pasir disini dengan menggunakan mobi jip sekaligus bisa mencoba sensasi naik unta.

9. Jerash

Jerash Image by zigzagging.net

Jerash merupakan salah satu kota di Yordania yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Jaresh adalah kota ini terlihat seperti kota tua Roma, yang memang itu terjadi karena kota ini pernah diduduki oleh kekuasaan Roma pada masanya. Kota ini dikatakan sebagai salah satu peninggalan arsitektur romawi terbaik hingga saat ini. Struktur bangunnnya juga masih terlihat sangat kokoh, berbagai peninggalan arsitektur Romawi masih dalam kondisi yang sangat bagus yang bisa memanjakan mata para wisatawan.

10. Madaba

Madaba adalah sebuah kota di Yordania yang memiliki julukan Kota Mosaik, karena banyaknya mosaik-mosaik yang bersejarah yang bisa ditemukan di kota ini. Selain keindahan bangunan ditempat ini juga ada salah satu tempat tujuan wisata dunia yang disebut merupakan makam nabi Musa. Daya tarik lainnya adalah Air Panas Ma’in Hot Springs yang banyak orang mempercayai bahwa air panas ini bermanfaat bagi kesehatan yang sudah dipakai untuk pengobatan sejak zaman kekuasaan Roma.