10 Keajaiban Dunia di Peru Yang Menakjubkan – Membahas sebuah keajaiban dunia, memang sangat menarik. Beberapa keajaiban dunia bisa dimiliki sekaligus dalam sebuah negara, salah satunya di Peru. Bagi sebagian orang mengenal Peru dengan wisata Machu Pichu yang juga menjadi salah satu kejaiban dunia, bahkan situs bersejarah ini menjadi salah satu yang paling sering dikunjungi di Peru dan juga di dunia, di tempat ini menyimpan banyak misteri dan sejarah yang mendalam.


Salah satu yang menjadikan tempat ini unik dan luar biasa adalah letaknya yang terletak dipuncak gunung, selain itu juga tempat ini sangat kuat dan tidak bisa ditaklukkan selama ratusan tahun pada masanya. Selain Machu Pichu sebenarnya di Peru juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik, yang juga merupakan sebuah kebanggaan dan menjadi keajaiban dunia, berikut kami rangkum beberapa wisata dan keajaiban dunia di peru dalam artikel 10 keajaiban dunia di peru

1. Lembah Suci Peru

Lembah Suci Peru Image by pixabay.com

Peru memang sejak lama sudah dikenal akan pemandangannya yang istimewa membuat para wisatawan terpesona untuk mengunjungi Peru. Pesona alam keindahan kota dan juga kebudayaan, yang dimiliki negara dengan ibu kota Lima ini sangat sayang untuk dilewatkan. Wisata Lembah Suci Incas ini juga terkenal dengan nama lain yaitu Lembah Urubamba salah satu tujuan wisata di peru yang wajib untu dikunjung. Bagi Anda yang ingin melihat sejarah peru, lembah ini menjadi tujuan utama Anda. Didalamnya terdapat banyak reruntuhan Incas yang merupakan situs bernilai sejarah yang sangat tinggi.

Untuk bisa sampai di lembah suci ini, Anda dapat melakukan perjalanan ke daerah ini dari Cusco atau Machu Picchu dengan mudah. Namun, jika Anda memutuskan untuk menjelajah lembah, jangan lupa untuk mempertimbangkan untuk menginap satu hingga dua malam di hotel terdekat dengan lokasi wisata ini. Saat Anda sudah sampai di lembah suci ini Anda juga bisa memesan wisata petualangan untuk bersepeda menjelajah gunung, berkuda, hiking, dan juga arung jeram dengan cara menghubungi pemandu wisata yang ada disekitar wilayah tujuan wisata dunia ini.

2. Kepulauan Terapung di Danau Titicaca

Kepulauan Terapung Image by merdeka.com

Wisata ini terletak di ketinggian 3812 meter di padang Peruvian, ditempat ini terdapat 40 pulau-pulau terapung. Sejarah pulau terapung ini dimulai oleh orang-orang Uros dari Peru dari jaman Inca, pulau terapung yang cantik ini pada masanya digunakan untuk tempat pelarian dan berlindung dari peperangan yang pernah terjadi. Strategi membuat pulau terapung ini membuat suku Uros benar-benar membuat musuh sulit menjangkau mereka, tempat yang di rancang dengan sangat baik oleh masyarakat mereka selama berabad-abad lamanya, membuat mereka merasa nyaman dan tidak lagi ingin pindah kedaratan. Pulau terapung ini dibuat langsung dengan penuh ketelitian, pedesaan terapung ini berbahan dasar lapisan-lapisan rumput ilalang yang satukan sedemikian rupa, yang kemudian menjadi struktur dasar terapung.  Hasilnya terlihat seperti rakit raksasa, dan hebatnya mampu menahan beban bahkan beban yang sangat berat sekalipun.

Meskipun demikian pulau ini juga membutuhkan perbaikan secara berkala untuk memelihara kekuatannya. Salah satu penyebabnya adalah saat ilalang-ilalang tua mulai terlepas dari struktur dasarnya terapung, ilalang-ilalang tersebut akan di ganti

Cara penggantiannya juga sangat hati-hati, rumput ilalang diambil dengan teliti dari pinggiran danau Titicaca. Pulau ini juga di ikatkan dengan tali ke tiang-tiang kayu ke dasar danau. Karena pulau ini sangat spesial, hanya sedikit dari beberapa pulau yang ada bersedia menerima pengunjung, Ini juga disebabkan karena tradisi dari suku Uros ini berubah cepat karena bertambahnya interaksi mereka dengan para wisatawan.

3. Machu Picchu

Machu Picchu Image by lonelyplanet.com

Machu Picchu adalah salah satu tujuan wisata dunia yang memiliki arti dan sejarah Amerika Selatan. Machu Picchu adalah komplek di mana kekaisaran Inca berlokasi pada masanya sebelum datangnya pendudukan oleh bangsa Spanyol yang terjadi pada abad 16. Di Amerika selatan terdapat peradaban besar yaituu Inca, peradaban ini meninggalkan sejarah berupa sekitar 3000 batu bersejarah yang belum juga terkuak secara lengkap sampai saat ini.

Ada banyak hal yang dapat wisatawan nikmati dan juga pelajari di Machu Picchu. Yang pastinya batuan bersejarah yang batu-batu disana berdiri sejak lebih dari 500 tahun lalu, yang merupakan situs yang tak tersentuh oleh bangsa Spanyol hingga ratusan tahun.

Wisatawan yang mengunjungi tempat ini pasti mengagumi betapa terjaganya Machu Picchu sebagai situs sejarah selama ratusan juta.

4. Colca Canyon, Peru

Colca Canyon Image by AudleyTravel.com

Colca canyon adalah sebuah ngarai yang terbentuk karena erosi aliran sungai Colca yang diperkirakan terjadi selama jutaan tahun pada pegunungan batu Andes yang terletak di selatan negara Peru. Jika selama ini banyak orang yang juga mengenal salah satu jurang terkenal di dunia yaitu grand canyon, jurang ini justru lebih luar biasa, karena jurang Colca Canyon merupakan jurang dengan dalam dua kali dari Grand Canyon.

Selain ketinggian lembah atau jurang ini, yang menjadi daya tarik lainnya adalah, pemandangannya wisatawan akan disajikan pemandangan yang sungguh memanjakan mata, saat perubahan suhu, dinding-dinding di tebing ini akan berubah warna membuat keindahannya semakin terasa.

5. Glacier Pastoruri

Pastoruri Glacier Image by BeyondBlighty.com

Tebing es yang indah ini terletak di Peru utara, glacier Pastoruri terletak di sebelah barat Pegunungan Andes. Ketinggiannya mencapai 5.250 meter di atas permukaan laut.

6. Lembah Urubamba

Lembah Urubamba Image by Steemkr.com

Daerah yang sangat lekat unsur sejarahnya ini menjadi tujuan wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah lembah Urubamba, Peru. Di lembah yang juga dikenal dengan sebutan Scared Valley atau juga lembah suci ini merupakan bagian dari pegunungan Andez. Para wisatawan yang sangat tertarik mengunjungi tempat ini bertujuan melihat peninggalan budaya suku Inca dengan berbagai hal-hal yang membuat para wisatawan takjub akan penemuan dan peninggalan mereka, dan masih sangat terjaga hingga sekarang.

7. Taman Nasional Manu

Taman Nasional Manu Image by machupicchuperutrip.com

Manu Peru adalah sebuah kawasan hutan yang kaya akan biotanya yang sangat beragam, menurut situs resmi Peru Manu Wildlife Center, ada lebih dari 200 lebih mamalia, 1.000 spesies burung, 13 jenis monyet, puluhan ribu tanaman berbunga, dan ribuan kupu-kupu. Kawasan ini berada di Provinsi Cuzco, Peru yang terbagi menjadi 2 area antara lain Manu Biosphere Reserve dan Manu Lowlands.

Manu Biosphere Reserve juga terbagi menjadi 2 yaitu Taman Nasional Manu dan juga The Cultural Zone. Tempat in memiliki lebar 3,7 juta meter yang didalamnya terdapat ribuan flora dan fauna yang bisa dilihat dari dekat tentu menjadikan tempat ini sangat menakjubkan.

8. Nazca Lines

Nazca Lines Image by machutravelperu.com

Keajaiban dunia di peru berikutnya adalah Nazca Lines, Nazca Lines merupakan serangkaian geoglif yang terletak di Gurun Nazca, daerah ini memiliki panjang lebih dari 80 km antara kota Nazca dan Palpa di Peru. Menurut para ahli, Geoglif ini diperkirakan dibuat oleh kebudayaan Nazca pada tahun 200 Sebelum Masehi sampai 700 Masehi. Ditempat ini terdapat ratusan gambar, dari mulai gambar yang sederhana sampai yang rumit, beberapa di antarnya adalah gambar laba-laba, laba-laba, monyet, ikan hiu, llama, kadal, dan beberapa gambar lainnya. Daerah ini masih menjadi pertanyaan dan misteri termasuk bagaimana gambar-gambar ini muncul.

Area ini ditemukan saat pesawat penumpang melintasi daerah ini dan salah seorang penumpang menyatakan melihat garis-garis berbentuk sesuatu di daerah ini, hingga akhirnya garis-garis Nazca mulai menjadi perbincangan pada era tahun 1920-an.

9. Cordillera Blanca

Cordillera Blanca Image by TwoWanderingSoles.com

Cordillera Blanca merupakan pegunungan yang menjadi bagian dari gugusan pegunungan Andes yang terdapat di Peru. Gunung ini juga masuk dalam Taman nasional yang bernama Huascaran yang diresmikan pada tahun 1975 yang menjadi tujuan pendakian para wisatawan.

10. Gurun Huacachina

Gurun Huacachina Image by travel.tribunnews.com

Gurun ini memiliki kontur yang berbukt sehingga biasanya di tempat ini wisatawan sering melakukan tur dune buggy yaitu para wisatawan menaiki kendaraan terbuka beroda besar yang berjalan dengan kecepatan tinggi dan dikendarai khusus di gurun pasir. Selai itu juga para wisatawan bisa berselancar di gurun dengan menggunakan papan khusus.

Demikian beberapa tempat wisata dan juga keajaiban dunia yang ada di Peru, jika Anda berencana mengunjungi salah satu dari tempat-tempat bersejarah ini, Anda harus memperkirakan musim yang tepat untuk mengunjunginya, agar bisa maksimal perjalanan wisata Anda.