10 Keajaiban Dunia Di Benua Eropa Yang Menakjubkan – Masih mengenai keajaiban dunia, kali ini kita akan bahas keajaiban dunia khusus di benua eropa, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai keajaiban dunia yang ada di beberapa daerah, misalnya keajaiban dunia yang ada di asia ternggara, keajaiban dunia modern, kejaiban dunia kuno dan lainnya. Kali ini artikel ini akan membahas mengenai keajaiban dunia yang ada di benua eropa

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa benua eropa memiliki keindahan alam dan juga keindahan kota yang luar biasa, selain memiliki musim yang lengkap benua eropa juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Selain keindahan alam, pembangunan di benua eropa cenderung lebih cepat dibandingkan di belahan benua lainnya, sehingga banyak bangunan bersejarah yang bisa menjadi salah satu keajaiban yang ada di benua eropa. Arsitektur khas juga sangat sering kita jumpai di beberapa negara di benua eropa ini. Berikut artikel ini akan membahas mengenai 10 keajaiban dunia di benua eropa.

1. Menara Eiffel

Menara Eiffel Image by travel.tribunnews.com

Menara yang satu ini merupakan menara indah dan menjadi sangat populer di dunia, bukan hanya karena ketinggiannya, namun juga karena taman sekitarnya dan juga sejarah dari menara ini. Menara Eiffel juga sudah berkali-kali menerima predikat sebagai salah satu keajaiban dunia, sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali wisatawan yang ingin mengunjungi dan melihat langsung menara ini. Menara Eiffel juga menjadi monumen berbayar yang paling banyak di kunjungi di dunia karena lebih dari 6 juta orang bisa mengnjungi Menara Eiffel setiap tahunnya.

Menara Eiffel memiliki tinggi 325 meter dibangun pada tahun 1889 dan mempertahankan gelar menara tertinggi didunia hingga tahun 1930. Meskipun demikian Menara Eiffel masih menjadi menara tertinggi urutan 5 di Perancis.

Struktur dari Menara Eiffel adalah besi seberat 7.300 ton sementara untuk keseluruhan komponen termasuk non besi seberat 10 ribu ton. Menara Eiffel juga akan berayun sekitar 2 sampai 3 senti meter saat kondisi berangin.

2. Kolosseum

Kolosseum Image by Tripadvisor.com

Bangunan yang satu ini juga merupakan salah satu bangunan di benua eropa yang sudah sangat terkenal, Kolosseum juga merupakan salah satu dari keajaiban dunia. Kolosseum ini mampu menampuung 50.000 orang penonton, bangunan ini selain memiliki konstruk yang sangat mengagumkan juga sejarah dari Kolosseum juga menjadi salah satu daya tarik orang-orang ingin melihat langsung bangunan ini. Bangunan ini merupakan bangunan yang digunakan untuk eksekusi tahanan, yang pada saat itu eksekusinya dilakukan dengan cara pertarungan antara hewan buas dengan tahanan, diperkirakan sudah mencapai ribuan manusia dan hewan menjadi korban karerna pertujunjukan yang sudah berlangsung selama ratusan tahun.

Kolosseum berukuran besar dengan tinggi mencapai 48 meter dan panjang 188 meter luas di perkirakan seluas 2.5 hekatas, Kolosseum merupkan suatu karya yang hebat dan menjadi stadiun terhebat dan spektakuler karena bentuk dan strukturnya.

3. Acropolis Athena

Acropolis Athena Image by athenasguide.com

Acropolis adalah sebuah dataran tinggi berbatu dengan tinggi 156 meter dan reruntuhan bangunan kuil kuno, kuil ini pernah menjadi pusat sejarah dari Athena yang juga bukti masa kejayaan Athena sekitar 2400 tahun yang lalu. Acropolis di bangun pada tahun 1300 sebelum masehi yang juga merupakan sebuah kota kecil sampai keruntuhannya pada masa kejayaan persia tahun 480 sebelum masehi. Belum lama keruntuhan tersebut, tentara Yunani berhasil mengambil kembali Acropolis dan kemudian membangun lagi kuil-kuil tersebut. Dan pada tahun 1834 Athena menjadi ibu kota Yunani.

4. Stonehenge

Stonehenge Image by english-heritage.org.uk

Bangunan ini adalah bangunan yang dibangun di zaman perunggu terletak di inggris dan merupakan salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan batu-batuan tinggi berdiri tegak. Mengenai usia Stonehenge sendiri masih menjadi perdebatan, kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa bangunan tersebut didirikan antara 3000 sebelum masehi hingga 2000 sebelum masehi.

Disekitar Stonehenge terdapat parit yang melingkari Stonehenge sebagian arkeolog menyatakan parit tersebut menjadi tanda akan tahapan awal dari pembangunan monumen tersebut. Stonehenge menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986. Penamaannya sendiri adalah Stonehenge yang berasal dari 2 kata yaitu stone dan henge yaitu berarti batu lingkaran, atau para arkeolog juga mendefinisikan bahwa henge artinya tembok tanah yang berbentuk melingkar.

Sayangnya pada awal abad 20 banyak batu-batu yang tidak lagi berdiri tegak, bisa disebabkan karena banyaknya wisatawan yang berdiri diatas batu-batu tersebut, karena keingintahuan wisatawan yang sangat tinggi kan monumen ini. Namun kemudian renovasi penataan kembali dan penegakkan batu-batu yang sudah miring atau terbalik.

5. Menara Pisa

Menara Pisa Image by Liputan6.com

Menara dengan berat mencapai 14.500 ton ini adalah menara yang terletak di kota Pisa, menara ini juga dikenal sebagai menara miring karena memang menara ini sangat terlihat kemiringannya. Namun pembangunan menara ini bukan sengaja di bangu miring dari awal, melainkannya kemiringan terjadi sesaat setelah pembangunan yaitu setelah pembangunan selesai agustu 1173. Menara Pisa memiliki tinggi 55,86 meter dari perumakaan tanah, lebar dinding mencapai 4 meter dan lebar dinding pada puncak menara mencapai 2,48 meter.

Kemegaan dan keunikan menara dengan 294 anak tangga ini membuat menara Pisa masuk menjadi situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu dari keajaiban dunia.

6. Hagia Sophia

Hagia Sophia image by Mentalfloss.com

Hagia Sophia atau yang biasa dikenal dengan sebutan aya sofya ini merupakan bangunan bekas basilika, masjid dan sekarang merupakan musemu yang terbuka untuk umum yang terletak di Turki. Bangunan besar megah ini dibangun pada tahun 537 masehi sampai 1453 masehi yang pada awal pembangunan bangunan ini merupakan katedral Ortodoks, dan pada tahun 1204 sampai 1261 berubah menjadi Katedral katollik roma yang di ubah oleh pasukan salib dibawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinpel. Dan pada akhirnya bangunan ini berubah menjadi masjid pada tanggan 29 mei 1453 sampai 1931 di masa kekuasaan kesultanan utsmani, yang akhirnya sekarang menjadi museum mulai pada tahun 1935 tanggan 1 februari oleh republik turki.

Dengan arsitektur Bizantium berciri khas kubah yang besar merupakan salah satu sejarah dari dunia arsitektur, bangunan ini menjadi kategral terbesar di dunia hampir selama ribuan tahun. Hagia Sophia kemudian menjadi museum dengan pengunjung terbanyak di Turki.

7. Kastil Neuschwanstein

Kastil Neuschwanstein Image by merdeka.com

Kastil Neuschwanstein adalah sebuah kastil Bavaria yang di bangun pada abad ke-19. Kastil memiliki pemandangan yang sanga indah karena terletak di puncak pegunungan di Jerman, dengan panorama gunung batu dan juga pepohonan khas Jerman, lokasi kasitil ini lebih tepatnya di dekat Hohenschwangau di Bayern barat daya. Kastil ini dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria, keindahan kastil bisa Anda nikmati dari luar karena sampai saat ini keindahan bagian dalam belum boleh dinikmati. Walaupun pemotretan interior kastil tidak diperbolehkan, keindahan bagian luar menjadi salah satu hal yang menakjubkan yang paling banyak orang foto, tidak heran jika kastil ini merupakan bangunan yang paling banyak difoto di Jerman. Sekaligus tujuan wisata populer di Jerman, di perkirakan sekitar 1.3 juta orang mengunjungi kastil ini setiap tahunnya.

8. Kota Torun di Polandia

Kota Torun di Polandia Image by esperiana.co

Kota ini terkenal karena keindahan arsitektur bangunannya, kota in juga memiliki penataan kota yang sangat indah, kota ini juga menjadi kota pendidikan terkenal di dunia, salah satu universitas yang terkenal adalah Universitas Nicolaus Copernicus. Kota ini hanya seluas 115 kilo meter dengan jumlah penduduk 208.936 orang.

9. Menara Hercules

Menara Hercules Image by Flobamora.net

Menara Hercules atau juga yang di kenal dengan mercusuar hercules adalah sebuah mercusuar Romawi kuno yang terletak di sekitar 24 kilometers dari pusat Galisia, di Spanyol. Menara dan sekaligus mercusuar ini memiliki bentuk yang sangat indah juga ditambah pemandangan sekitar menara yang menakjubkan, menara ini memiliki tinggi 55 metres yang menghadap pantai Atlantik. Diperkitakan menara ini berusia hampir 1900 tahun dan pernah di renovasi pada tahun 1791, mercusuar hercules ini adalah yang mercusuar Romawi tertua yang digunakan saat ini. Sejak tahun 2009 menara ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

10. Meteora

Meteora Image by CNN.com

Meteora adalah sebuah komples biara yang berdiri di atas gunung batu, batu meteora adalah pilar alami dengan memiliki ketinggian rata-rata 313 meter, hal ini menjadikan Meteora menjadi daya tarik wisatawan. Batuan Meteora berdiri dengan megah tepat di pusat kota yunani, ada sekitar 24 perumahan biaya ada diatasnya