10 Keajaiban Dunia di Benua Amerika Yang Menakjubkan – Membahas keajaiban dunia tidak terlepas juga keinginan tahu terhadap keajaiban dunia yang terdapat di beberapa benua, karena masing-masing benua memiliki karakteristik iklim dan kontur tanah yang berbeda, yang biasanya memperngaruhi keajaiban dunia yang hanya terjadi di benua tersebut. Salah satu benua yang besar didunia adalah benua amerika yang juga terdapat banyak keajaiban dunia, berikut kami rangkum dalam 10 keajaiban dunia di benua amerika

1. Grand Canyon

Grand Canyon Image by CanyonTours.com

Grand Canyon adalah ngarai terbesar di dunia yang dapat dilihat di Sungai Colorado, bagian utara Arizonia. Grand Canyon juga merupakan salah satu keajaiban dunia yang berada di taman Nasional Grand Canyon, taman nasional ini merupakan Taman Nasional pertama yang ada di Amerika Serikat. Ngarai memiliki bentuk yang sangat indah dan terukir oleh derasnya arus sungai Colorado yang sekaligus memotong selat selama berumur jutaan tahun dengan panjang sekitar 449 km dan juga lebar 29 km. Grand Canyon pertama kali ditemukan di tahun 1540 oleh orang eropa bernama Gracia Lopez de Cardenas yang lebih tepatnya berasal dari spanyol pada akhir tahun 1870an, ekspedisi pertama dilakukan oleh Mayor Amerika Serikat, John Wesley Powwel tempat ini sudah lama digunakan sebagai tempat tinggal penduduk asli Amerika, yaitu suku Indian.


2. Niagara

Niagara Image by TheHollywoodUnlocked.com

Salah satu air terjun yang sangat fenomenal dan menjadi terkenal karena lebarnya dan debit airnya apalagi kalau bukan air terjun Niagara. Air terjun besar di sungai Niagara yang berada di perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan Kanada Ontario. Lebih tepatnya berjarak 17 mil 27 km sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan juga 75 mil atau sekitar 120 km tenggara Toronto, Ontario.

Niagara sendiri merupakan nama kelompok dari tiga air terjun besar, yang mana air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe,  air terjun Amerika, dan yang ukurannya lebih kecil yaitu air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh Luna Island dari air terjun utama.

Meski air terjun niagara tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar yang membuatnya sangat populer di dunia. Tidak hanya itu, jumlah debit air yang mengalir juga membuat air terjun ini sangat terkenal, lebih dari 6 juta kaki kubik air per menit dijatuhkan dari air terjun ini sekaligus juga merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

Karena air terjun ini sangat lebar, tidak jarang pelangi bisa muncul di antara air terjun, sehingga air terjun Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya terbentang indah di tengah derasnya air terjun. Tidak hanya itu, daya tarik air terjun ini juga terletak di keindahan alam yang sekeliling Niagara yang membuat wisatawan dar berbagai belahan dunia mengunjunginya setiap hari.

3. Patung Liberty

Patung Liberty Image by FamilyEducation.com

Patung yang satu ini memang sudah lama menjadi patung yang bersejarah dan sekaligus masuk dalam keajaiban dunia. Patung Liberty juga merupakan simbol selamat datang bagi para pengunjung. Patung ini berbahan Perunggu yang merupakan kebanggaan negara Paman Sam. Frederic Auguste Brtholodi dan  Gustave Eiffel adalah orang yang merancang dan pembuat menara Effiel juga menjadi pembuat dari patung liberty ini. Mereka berdua bertugas sebagai pemahat dan sekaligus perancang struktur penyangga di dalamnya.

Patung besar ini dibangun di pintu masuk pelabuhan Kota New York, sehingga menambah keindahannya jika dilihat dari berbagai sudut kota. Patung ini didapatkan dari Prancis sebagai hadiah kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-100 pada 4 Juli 1884. Pemberian patung ini sebagai hadiah terjadi pada abad ke XIX, tepatnya pada tanggal 28 Ocktober 1886.

4. Gunung Rushmore

Gunung Rushmore Image by Travel.Tribun.com

Gunung yang satu ini terletak di Black Hills National Forets. Keindahan gunung ini adalah terdapat pahatan-pahatan, sehingga pengunjung dapat menjumpai  pahatan-pahatan terbesar di dunia. Pahatan yang berupa empat wajah presiden Amerika Serikat se tinggi 18m. Wajah dari ke-empat presiden Amerika Serikat tersebut dipahat di batuan keras. Keempat presiden tersebut adalah Geogrge Whasington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Proyek pembuatan pahatan ini dimulai pada tahun 1927 oleh Gutzom Borglum. Pembuatannya menggunakan 90% dinamit, namun Gutzom Borglum meninggal dunia sebelum pembuatan patung ini selesai. Yang kemudian pemahatan dilanjutkan oleh anaknya sendiri yaitu Lincon Borglum dan selesai pada tahun 1941. Kemudian pada tahun 1941 pemerintah menghentikan penyaluran dana atas empat bentuk wajah mantan presiden Amerika Serikat tersbut

5. Christ Redeemer

Christ Redeemer Image by odb.org

Masih mengenai patung, patung yang satu ini terletak di Puncak Gunung Corcovado,di Rio de Janeiro, Brasil, patung ini bergaya arsitektur Art Deco. Patung ini juga termasuk dalam tujuh keajaiban dunia baru yang sekaligus merupakan simbol penerimaan dan keterbukaan, juga menjadi simbol bagi umat Kristen. Patung ini berdiri tegak dengan tinggi 38 meter yang terletak di kawasan Taman Nasional Hutan Tijuca.

Hecto da Silva Costa  adalah orang yang mendesain patung ini, sedangkan yang bertugas memahat adalah Paul Landauski yang berasal dari prancis. Pembuatan patung ini membutuhkan waktu lima tahu. Proses membawa patung ini ke puncak gunung membutuhkan kereta api, sehingga dibangun kereta api yang pada akhirnya, Patung Kristus diresmikan pada tanggal 12 Ocktober 1931.

Seorang imam Khatolik Ide bernama Pedro Maria Boss merupakan pemilik ide untuk pembangunan patung pada pertengahan 1850-an, yang pada awalnya pendanaannya ditolak dan selanjutnya ide kedua muncul dari Keuskupan Agung Rio de Janerio pada tahun 1912. Yang juga mengawali proses pengumpulan dana untuk membangun patung tersebut.

6. Chichen Itza

Chichen Itza Image by tripadvisor.com

Chichen Itza adalah sebuah Situs Peradaban Maya di Meksiko yang ada pada abad 800 SM. Salah satu situs bersejarah yang ada ditempat ini adalah Piramida Kukulcandi, situs bersejarah ini merupakan pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan yang saat ini merupakan wilayah Meksiko. Tempat ini juga merupkan titik pusat dari kompleks bangunan bersejarah lainnya seperti Piramida Kukulcan, dan bangunan Seribu Tiang

7. Golden Gate Bridge

Golden Gate Bridge Image by SFGate.com

Sebuah jembatan gantung yang membentang di Selat Golden Gate yaitu Golden Gate Bridge merupakan salah satu keajaiban dunia yang ada di benua amerika, jembatan ini menghubungkan San Francisco Bay dan juga Marin County. Jembatan ini juga dianggap sebagai jembatan terindah di dunia. Jembatan ini dibuka sejak tahun 1937. Jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia, agar mudah terlihat oleh kabut maka jembatan ini didesain dengan warna merah orange.

8. Perito Moreno Glacier di Argentina

Perito Moreno Glacier Image by BookMundi.com

Perito Moreno Glacier terletak sejauh 48 mil dari kota El Calafate, tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis baik itu lokal maupun mancanegara, sebagian besar. Sekilas tentang Perito Moreno Glacier adalah tempat terbaik untuk melihat dataran es tebal dari pegunungan tertinggi, tempat ini dikelola oleh Torres del Paine National Park di Amerika Selatan, dengan panjang 30 kilo meter. Ditempat ini wisatawan dapat melihat langsung dataran es ini di Danau Argentino dengan menggunakan perahu atau bisa juga melihat dari tepian danau, jika waktu yang tepat maka wisatawan dapat melihat potongan es besar yang runtuh dari tebing dataran es yang kemudian jatuh ke Danau Argentino, fenomena ini yang menjadi daya tarik dan juga ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

9. Hutan Amazon

Hutan Amazon Image by Amazine.co

Siapa yang tidak mengenal hutan Amazon, hutan hujan yang mempunyai luas 5.500.000 km persegi ini  menjadi bagian 8 negara lainnya di Amerika Selatan selain Brasil, beberapa negara itu adalah Ekuador, Peru, Venezuela, Kolombia, Guyana, Bolivia, Suriname dan juga Guyana Prancis.

Hutan ini merupakan rumah bagi beberapa hewan unik yang tidak didapati didaerah lain di belahan dunia manapun, hutan ini jug merupakan hutan terluas di dunia dan memiliki iklim tropis, yang juga merupakan paru-paru dunia yang menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi.

10. Air terjun Iguazu

Air Terjun Iguazu image by sosboks.blogspot.com

Air Terjun indah ini terletak di perbatasan Argentina, Paraguay dan juga Brasl, air terjun ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia karena jurang Air terjun ini sepanjang 2 km dan memiliki debit air rata-rata 1,3 juta liter per detik.