10 Keajaiban Dunia Di Asia Timur Yang Menakjubkan – Keajaiban dunia memang sangat menarik untuk terus diikuti, baik itu keajaiban kuno, keajaiban modern maupun keajaiban yang di benua-benua tertentu. Keajaiban dunia selain memang keindahan alamnya yang menjadi daya tarik, keajaiban dunia juga memiliki kisah dan sejarah yang sangat menarik untuk dicari tahu, selain itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.


Ada banyak sekali keajaiban dunia yang ada, baik itu yang kuno, yang terbaru maupun yang modern. Keajaiban dunia bisa juga kita lihat dari beberapa benua salah satunya adalah keajaiban dunia di benua asia, khususnya di asia timur.

Bagi Anda yang belum mengetahui atau sedang mencari tahu apa saja keajaiban dunia yang ada di benua asia timur, berikut artikel ini akan membahas secara singkat mengenai keajaiban dunia yang ada di asia timur, yang kami rangkum dalam artikel 10 keajaiban dunia di asia timur

1. The Great Wall China

The Great Wall China Image by www.history.com

Siapa yang tidak mengenal keajaiban dunia yang satu ini, tembok cina adalah keajaiban dunia yang sudah lama terkenal dan tidak pernah tergantikan. Tembok besar cina juga menjadi situs warisan dunia UNESCO, sehingga tidak heran jika ribuan orang berusaha mengunjungi dan melihat langsung tembok ini. Belum lama ini tepatnya pada tahun 2009 para penelti juga survey untuk pemetaan melakukan hitung ulang panjang tembok besar cina, hasilnya menunjukkan bahwa tembok besar tiongkok mempunyai panjang 8.850 kilo meter sekaligus menjadi ukuran terpanjang yang diketahui selama ini.

Selain itu, proyek tersebut bahkan menemukan bagian-bagian tembok lain dengan panjang 359 kilo meter dan juga menemukan parit sepanjang 2232 kilo meter, dan juga pembatas alami berupa sungai dan perbukitan sepanjang 2232 kilo meter. Tembok ini dibangun dengan tujuan sebagai tembok perbatasan, dan juga tembok pertahanan dan pembangunan tembok ini merupakan salah satu bagian terpenting dari sejarah di Tiongkok. Pembangunan ini juga memakan waktu cukup lama, karena sampai beberapa generasi, seperti dinasti Qin, Dinasti Han, dan Dinasti Ming.

2. Taj Mahal

Taj Mahal Image by ndtv.com

Tajmahal merupakan salah satu bangunan yang paling terkenal didunia, sekaligus menjadi salah satu bangunan dari keajaiban dunia, bangunan ini selain keindahannya juga terdapat sejarah yang mengaggumkan dari pembangunan Taj Mahal ini. Taj Mahal di bangun pada 1631 oleh keinginan kaisar Mughal Shah Jahan, sebaga persembahan untuk istrinya yang dikenal dengan nama Mumtaz Mahal yang merupakan istri yang paling dicintainya saat wafat melahirkan putri mereka. Taj Mahal terletak di Agra India yang pada tahun 1983 menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Karena keindahannya, sejarah dan juga dipilihnya sebagai keajaiban dunia dan juga situs warisan dunia oleh UNESCO ini menjadikan bangunan ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing d seluruh dunia.

3. Kiyomizudera

Kiyomizudera Image by thetruejapan.com

Kiyomizudera adalah sebuah kuil Budha kun yang dibangun¬† pada tahun 798, dengan lamanya umur bangunan ini, tidah mengherankan jika bangunan ini sudah 10 kali mengalami kerusakan akibat perang atau bencana alam. Ada sesuatu yang menjadi daya tarik pada bagian belakang kuil utama terdapat kuil Jishu-jinja yang disebut dengan Dewa Perjodohan, tidak hanya dibelakang di bagian depan kuil terdapat 2 batu yang sering disebut “Batu Buta” dan “Batu Peramal Cinta”.

Salah satu yang menjadi kepercayaan masyarakat sekitara adalah untuk menguji kesetiaan hati pada pasangan, kita bisa mencoba batu peramal cinta, caranya tetap sama dengan memejamkan mata, namun bila arah kita tidak tepat menuju batu peramal cinta atau malah melenceng jauh dari batu tersebut, maka hati kita masih memikirkan orang lain, begitulah menurut kepercayaan warga sekitar. Keindahan bangunan inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Selain itu keajaiban dari kuil ini adalah kuil ini di bangun sama sekali tanpa menggunakan paku, jika kita lihat dari besarnya bangunan ini tentu benak kita terbesit bahwa hal tersebut tidak memungkinkan. Keunikan dan keindahannya membuat kuil ini sangat banyak dikunjungi wisatawan, kuil ini juga terletak di atas gunung sehingga pemandangan melihat gunung sekitar menjadi sangat berkesan.

4. Patung Buddha Lantau

Patung Buddha Lantau Image by wisatakeren.com

Patung Buddha ini juga dikenal dengan nama patung Buddha Tian Tan, atau juga dikenal sebagai “Buddha Besar”, merupakan sebuah patung perunggu besar Buddha Sakyamuni, yang dibangun pada tahun 1993, patung besar ini terletak di Ngong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Letak patung ini tidak jauh dengan biara Po Lin dan terlihat seakan melambangkan hubungan harmonis antara manusia dan alam, masyarakat juga agama. Selain dari keindahan alam dan besarnya patung ini, tempat ini merupakan pusat utama Buddhisme di Hong Kong, dan juga merupakan objek wisata yang populer.

Selain dengan nama patung besar, Patung ini juga dinamakan Buddha Tian Tan dikarenakan pondasinya merupakan model Altar Surga dari Kuil Langit yang ada di Beijing. Patung ini juga Merupakan salah satu dari patung Buddha besar di Tiongkok, desain patung ini seakan sedang duduk di atas bunga teratai, keindahan patung ini juga dikelilingi oleh enam patung perunggu yang berukuran lebih kecil dikenal .

Bangunan bersejarah ini memiliki tinggi 34 meter, dengan berat lebih dari 250 ton, dan yang menjadi istimewa adalah patung ini dibangun dari 202 potongan perunggu. Selain itu terdapat kerangka baja yang kuat di dalam patung ini untuk menyokong beban berat dari patung ini. Untuk bisa mencapai patung ini para wisatawan harus mendaki 268 anak tangga untuk mencapai Buddha.

5. Pulau Jeju

Pulau Jeju Image by aktivispelancongan-azlie.blogspot.com

Pulau ini adalah pulau terbesar di Korea yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea. Pulau ini merupakan satu-satunya provinsi berotonomi khusus Korea Selatan.

Pulau cantik ini terletak di Selat Korea, dengan Ibukota Jeju adalah Kota Jeju. Pulau Jeju terbentuk sekitar 2 juta tahun lalu disebabkan oleh aktvitas vulkanik. Ditengah-tengah pulau terdapat sebuah gunung yang sangat terkenal, karena gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di seluruh Korea dengn tinggi mencapai 1.950 m. Pulau ini terkenal juga dengan kesuburannya karena suhu dari pulau ini adalah bersuhu hangat

Hal yang unik adalah nama dari pulau ini memiliki banyak sebutan, dalam catatan sejarah, Jeju disebut dalam berbagai nama, mulai dari Doi, Dongyeongju, Juho, Tammora, Seomna, Tangna atau Tamra.

Karena suhu yang unik dan juga pulau ini ditumbuhi oleh keanekaragaman flora dan merupakan flora yang sangat berbeda dengan yang ada di Semenanjung Korea, lebih dari 1.700 tanaman bisa ditemukan disini sehingga pulau ini juga disebut sebagai pulau botani.

6. Yushan Taiwan

Yushan Taiwan Image by eng.taiwan.net.tw

Kawasan ini diliputi salju, adanya penurunan suhu sehingga meningkatkan kelembaban sehingga menyebabkan salju dikawasan ini turun, salju yang turun menambah keindahan kawasan ini. Gunung ini merupaka gunung tertinggi di taiwan sehingga kawasan ini sering ditutupi oleh salju tebal, gunung ini juga merupakan tujuan pendaki dunia.

7. Gunung Everest

Gunung Everest Image by wowasiknya.com

Gunung yang satu ini merupakan gunung tertinggi didunia jika diukur dari permukaan laut, puncak dari gunung ini menandakan sebagai perbatasan Nepal dan Tibet namun puncaknya berada di wilayah tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian 8.850 meter meskipun ada beberapa variasi ukuran dari gunung ini. Gunung tertinggi didunia ini menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan asing dari berbagai negara.

8. Pulau Aogashima

Pulau Aogashima image by anakreguler.com

Pulau ini merupakan pulau berapi yang dihuni oleh manusia, pulau yang dintengahnya terdapat gunung merapi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, sekilas pulau ini terlihat seperti mangkuk. Pulau ini juga merupakan pulau yang paling banyak dikunjungi di Jepang.

9. Terracotta Warriors

Terracotta Warriors Image by nytimes.com

Area ini digali pada tahun 1974 yang kemudian saat ini menjadi museum dan menjadi salah satu misteri yang belum terungkap. Bangunan ini terletak di Xian, Shaanxi, Cina. Terracotta Warriors pernah menjad bagian dari sebuah film layar lebar karena keindahan dan juga misterinya, Terracotta Warriors menjadi salah satu film layar lebar yang mengambil latar dan juga kisah seperti di Terracotta Warriors

10. Biara Hanging

Biara Hanging Image by versesofuniverse.blogpspot.com

Biara yang terletak di Gunung hengshan, Shaanxi, Cina berusia lebih dari 1400 tahun. Keindahan dan keajaiban dari biara ini terdapat pada bagian samping, karena pada bagian samping terdapat jurang yang curam, penopangnya juga sangat unik, bukan besi atau baja melainkan kayu beams, dan dengan struktur yang kuat untuk menahan gempa bumi besar bahkan di tahun 1303.