Gunung Terindah di Dunia yang Menakjubkan – Begitu banyak keindahan alam yang ada di Bumi ini, dan gunung merupakan salah satunya. Berbagai karakteristik yang berbeda juga dimiliki masing-masing gunung tersebut.

10 gunung terindah di dunia berikut ini akan membuat kita terpesona, baik dari segi bentuk, mitos, kemegahan, dan juga keindahannya.


1. Terindah di Dunia: Gunung Ama Dablam – Nepal

Ama Dablam merupakan salah satu puncak besar yang ada di Pegunungan Himalaya. Ama Dablam yang berarti “kalung ibu” menjadi nama dari gunung terindah di dunia yang satu ini.

Sebagian besar gunung di kawasan ini meningkat secara bertahap, namun Ama Dablam terus meningkat dengan tajam ke arah langit.

Ama Dablam bisa dikatakan sebagai salah satu titik surga favorit para penggila petualang di belantara Himalaya Nepal. Menjelajahi Pegunungan Everest di Nepal tak lengkap tanpa melewati dan menyaksikan betapa indahnya kemegahan Gunung Ama Dablam.

Gunung ini memiliki ketinggian 6856 meter di atas permukaan laut, lokasinya berada di kawasan Sagarmatha National Park, sebelah timur Khumbu Everest, gunung Ama Dablam menjulang dengan megahnya meraih langit.

Mata Anda seakan terkena sihir sehingga tak bisa berkedip karena begitu takjubnya dengan keindahan yang disajikan gunung Ama Dablam.

Namun demikian untuk melihat keindahan gunung Ama Dablam bukanlah hal yang mudah. Dari Ibukota Nepal, Khatmandu, Anda masih harus terbang ke Lukla, desa tertinggi di Himalaya.

Setelah itu, pendakian selama beberapa hari juga harus dilakukan untuk mencapai titik pandang terindah dari Gunung Ama Dablam. Waktu paling tepat untuk melihat keindahannya adalah pada Bulan April sampai Mei, dan September sampai Desember.

2. Terindah di Dunia: Gunung Denali Alaska – Amerika Serikat

Gunung Denali atau yang juga dikenal dengan nama Gunung McKinley merupakan daftar selanjutnya dalam gunung terindah di dunia yang menakjubkan.

Gunung ini memiliki ketinggian 6168 meter di atas permukaan laut dan menjadi yang tertinggi di Amerika Utara. Walau tak menjadi yang tertinggi di dunia, tetapi penampilan gunung ini termasuk yang terindah di dunia.

Lokasi Gunung Denali terletak di 275 kilometer sebelah barat daya dari kawasan Fairbanks atau sekitar 210 kilometer barat laut dari Kota Anchorage yang terkenal.

Sebelumnya gunung ini bernama McKinley, kemudian pada Agustus 2015, Presiden Obama meresmikan nama baru gunung ini menjadi Gunung Denali. Digantinya nama gunung ini agar selaras dengan budaya lokal warga asli Alaska.

3. Terindah di Dunia: Gunung Kirkjufell – Islandia

Gunung Kirkjufell bisa dibilang sebagai sebuah keajaiban yang mengagumkan. Di musim panas, gunung ini akan berwarna hijau dengan mengalirnya air terjun Kirkjufellsfoss sebagai pelengkap dari keindahannya.

Namun saat musim dingin telah tiba, gunung akan terselimuti salju, air terjun membeku, dan gunung akan diwarnai keindahan aurora di atas langitnya.

Lokasi Gunung Kirkjufell berada di Semenanjung Snaefellsnes, Islandia. Gunung ini bukanlah yang terbesar, atau paling mematikan di Islandia, Gunung Kirkjufell terkenal karena pemandangan indahnya yang merupakan penyatuan semua elemen alam yang ada di gunung tersebut.

Pemandangan yang indah bisa kita dapatkan dari berbagai sisi gunung Kirkjufell. Anda dapat melihat 3 air terjun di kaki gunung yang mengalirkan air sejernih kristal dari bentang darat tengah.

4. Terindah di Dunia: Gunung Mauna Loa Hawaii – Amerika Serikat

Mauna Loa merupakan salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk Kepulauan Hawaii. Dengan area seluas 5271 kilometer persegi, gunung yang juga dikenal dengna sebutan Long Mountain ini menjadi gunung berapi terbesar di dunia.

Meskipun Gunung Mauna Loa merupakan gunung berapi yang masih aktif, namun banyak wisatawan yang sering menyempatkan diri mengunjunginya untuk menikmati keindahan Gunung Mauna Loa yang menakjubkan.

Erupsi Mauna Loa diprediksi telah terjadi sejak 700 ribu tahun yang lalu, mungkin mulai muncul ke atas permukaan laut sejak 400 ribu tahun lalu.

Batuan tertua yang pernah ditemukan di Gunung Mauna Loa berusia sekitar 200 ribu tahun. Letusan besar terakhir Mauna Loa terjadi pada 24 Maret 1984 hingga 15 April 1984.

Pesona panorama alam yang tersaji di Gunung Mauna Loa menjadikannya salah satu gunung terindah di dunia yang menakjubkan.

5. Terindah di Dunia: Gunung Huayna Picchu – Peru

Anda pasti pernah dengar kota zaman kuno yang legendaris bernama Machu Pichhu. Kota ini dibangun oleh suku Inca di wilayah pegunungan yang paling spektakuler bernama Huayna Picchu. Kota kuno yang dikelilingi oleh pegunungan hijau dan subur ini juga termasuk dari keajaiban dunia.

Dari atas puncak Gunung Huayna Picchu, pengunjung dapat melihat reruntuhan suku Inca yang mengesankan. Lokasinya berada tepat di belakang puing-puing Inca. Akses menuju puncak gunung termasuk sukit dan membutuhkan teknik khusus untuk melintasinya.

Keindahan Gunung Huayna Picchu makin memukau dengan adanya terowongan Inca yang bisa pengunjung lewati dan nikmati keindahannya.

Bagi banyak pendaki mancanegara Gunung Huayna Picchu merupakan salah satu gunung terindah di dunia yang menakjubkan karena pengunjung dapat melihat kota Machu Picchu dari sudut yang berbeda.

6. Terindah di Dunia: Gunung Matterhorn – Swiss

Gunung Matterhorn, Swiss tampak seperti piramida dengan lereng yang curam, menjadi puncak luar biasa dengan dinding yang hampir seluruhnya berbentuk vertikal di sebelah timur gunung.

Layaknya sebuah tanduk di daratan Eropa, keempat sisinya menghadap ke arah empat penjuru mata angin. Ketinggian Gunung Matterhorn mencapai 4478 meter dari atas permukaan laut.

Anda dapat menyaksikan 38 puncak gunung dari sekitar 200 puncak di Pegunungan Alpen saat berdiri di puncak Gunung Matterhorn. Fasilitas rel telah dibangun bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gunung Matterhorn dari jarak dekat.

7. Terindah di Dunia: Gunung Cerro Torre – Argentina

Di urutan pertama, gunung paling indah dan menakjubkan di dunia adalah Gunung Cerro Torre yang berada di Negara Argentina. Cerro Torre merupakan gunung tertinggi di antara empat rantai gunung yang ada di daerah tersebut, yaitu Cerro Torre, Torre Egger, Punta Herron, dan Cerro Standhart.

Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indha dan banyak diminati oleh banyak pendaki gunung dari seluruh dunia.

8. Terindah di Dunia: Gunung Tri Cime di Lavaredo – Italia

Gunung Tri Cime banyak dikunjungi oleh wisatawan dan para pecinta sepeda. Keindahan tiga batu besar yang seolah tampak bermunculan dari Bumi dapat kita lihat di Dolomites, sebelah timur laut Italia.

Gunung ini salah satu yang terkenal di Pegunungan Alpen, keindahan tiga batu besar yang luar biasa bisa kita nikmati baik dari jarak jauh maupun jarak dekat.

9. Terindah di Dunia: Gunung Alpamayo – Peru

Gunung terindah di dunia yang menakjubkan berada di Peru. Keindahannya begitu mengesankan, terlihat seperti piramida es menjulang ke langit.

Lokasi Gunung Alpamayo berada di Cordillera Blanca, Peru. Surga bagi kalangan pendaki karena menyuguhkan pemandangan indah yang luar biasa.

10. Terindah di Dunia: Gunung The Spectre – Antartika

Lokasi Gunung The Spectre berada di Pegunungan Transantartika yang membentang sejauh 2400 kilometer di Antartika. The Spectre adalah salah satu gunung terpopuler karena memiliki keindahan yang begitu romantis, dan sempurna.

Itulah 10 gunung terindah di dunia yang menakjubkan dan mempesona. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satunya?