10 Foto Pemandangan Gunung Semeru Yang Menakjubkan – Gunung Semeru atau yang juga dikenal degan nama Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya mencapai ketinggian, 3.676 meter diatas permukaan laut. Gunung Semeru bukan hanya menjadi gunung tertinggi di pulau jawa, melainkan gunung ini juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang ada di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru secara administratif masuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Banyak sejarah yang mencatat tentang aktifitas gunung berapi ini salah satunya adalah Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 meter hingga akhir November 1973. Kubah ini membongkar bagian sisi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan yaitu daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Gunung Semeru Image by wisatabromo.com

Gunung Semeru juga merupakan salah satu gunung berapi yang masih sangat aktif dan bahkan gunung ini setiap lebih kurang 20 menit kawahnya akan mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir. Tercatat dalam sejarah orang pertama yang mendaki gunung ini adalah CLIGNET pada tahun 1838, dia adalah seorang ahli geologi kewarganegaraan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren yang selanjutnya pendaki Junhuhn (1945) seorang ahli botani juga berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayet-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo. Selanjutnya pendakian juga dilakukan pada Tahun 1911 oleh Van Gogh dan Heim menggunakan jalur lereng utara dan setelah 1945 umumnya jalur pendakian dilakukan melewati lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo sampai sekarang.

Gunung Semeru Image by hargatiketeka.blogspot.com

Ada banyak aneka Flora yang hidup di Semeru, namun sebagian besar masih didominasi oleh pohon pinus. Ada juga tanaman mahal lainnya seperti bunga anggrek Edelweis dan lainnya yang hanya dapat ditemukan disekitar puncak Semeru. Selain dari beragam flora ada juga beberapa fauna yang dapat ditemukan seperti, monyet daun, musang, macan, rusa, dan banyak lagi.

Puncak Gunung Semeru

Gunung semeru image by wisataku.id

Di puncak gunung semeru terdapat sebuah kawah, yang lawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko sedangkan untuk puncak gunung dikenal dengan nama Mahameru, yang konon banyak legenda atau cerita-cerita rakyat yang melekat pada puncak mahameru. Legenda-legenda tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun lokal yang berusaha untuk menikmati keindahan dan juga sejarah dari gunung berapi ini.

Tiket Masuk Gunung Semeru

Gunung Semeru Image by D-OneNewsLumajang.com

Bagi para pendaki yang sangat tertantang untuk menaklukkan gunung-gunung tinggi di Indonesia, diperlukan waktu sekitar empat hari untuk bis mencapai puncak gunung Semeru pergi pulang.Bagi Anda yang ingin mendaki gunung ini Anda dapat lewat kota Malang atau Lumajang. Yaitu dengan cara dari terminal Kota Malang naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Selanjutnya Anda lanjutkan lagi dengan jeep atau pickup yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang dengan biaya per orangnya sekitar Rp60.000 – Rp100.000 hingga sampai ke Pos Ranu Pani.

Gunung Semeru Image by Airport.id

Anda bisa menggunakan jip jika And aingin memulai perjalanan Tumpang menuju Ranu Pani, yaitu sebuah desa yang merupakan desa terakhir di kaki semeru. Di desa ini juga terdapat Pos pemeriksaan, terdapat juga warung juga penginapan bagi Anda yang ingin menginap disini. Bagi Anda yang igin mendaki gunung, Anda diwajibkan membayar Rp17.500 per orang per hari untuk hari-hari biasa diluar weekday dan weekend, atau Rp22.500 per orang per hari untuk hari libur. Di pos ini pun bisa mencari warga lokal untuk membantu Anda untuk menunjukkan arah pendakian, termasuk juga untuk mengangkat barang dan juga memasak. Selain di penginapan, para pendaki jga bisa bermalam di Pos penjagaan. Pos ini juga memiliki keindahan pemandangan karena di Pos Ranu Pani terdapat dua buah danau yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo yang Terletak pada ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.

Rute Menuju Gunung Semeru

Gunung Semeru Image by malangtoday.com

Para pendaki biasanya menggunakan jalur awal landai, yaitu dengan menyusuri lereng bukit yang didominasi dengan tumbuhan alang-alang. Tidak ada tanda penunjuk arah jalan namun Anda tidka perlu khawatir karena disini terdapat tanda ukuran jarak pada setiap 100 m. Saat pendakian Anda juga dapat menikmati keindahan ragam flora, karen setelah berjalan sekitar 5 km menyusuri bukit Anda akan menemukan banyak sekali bunga edelweis dan juga anggrek, setelah itu Anda akan sampai di Watu Rejeng. Area ini adalah area batu terjal yang sangat indah. Pemandangan juga sangatlah indah ke arah lembah dan bukit-bukit, daerah ini juga ditumbuhi hutan cemara dan pinus. Dari sini juga Anda sudah bisa mulai melihat kepulan asap dari puncak semeru.

Gunung Semeru Image by ahmadhilman28.wordpress.com

Setelah Anda berjalan hingga sampai di Ranu Kumbolo, disini Anda dapat mendirikan tenda. Disini juga terdapat pondok pendakian, juga terdapat danau dengan air yang jernih dan memiliki pemandangan menakjubkanterutama pada saat pagi hari, karen Anda juga  dapat menyaksikan matahari terbit yang cahayanya terpancar disela-sela bukit. Didanau ini juga banyak terdapat ikan, tempat ini berada pada ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha.

Semeru Image by Mediamaya.net

Banyak yang menyarankan bahwa saat Anda berada di Ranu Kumbolo disarankan untuk menyiapkan air sebanyak mungkin. Karena ketika sudah meninggalkan Ranu Kumbolo Anda akan mulai melakukan pendakian bukit terjal, namun meskipun demikian Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah di belakang ke arah danau. Selain keindahan danau, Anda juga akan menikmati padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. Oro-oro ombo adalah padang rumput yang dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang menakjubkan, sekilas padang rumput ini seperti padang rumput kha eropa yang diumbuhi pohon pinus.

Semeru Image by MapalaPTM.com

Pejalanan masih dilanjutkan hingga memasuki hutan cemara di hutan ini tidak jarang Anda bisa menemui hewan kijang dan berbagai macam burung. Anda kemudian akan sampai di Pos Kalimati yang berada pada ketinggian 2.700 m, disini Anda juga dapat mendirikan tenda untuk beristirahat, melepas lelah dari perjalanan melewati jurang-jurang terjal. Pos berada di padang rumput yang sangat luas di tepi hutan cemara, sehingga sangat mudah untuk membuat api unggun.

Perjalanan masih berlanjut untuk menuju Arcopodo dengan jalan yang berbelok ke arah timur, berjalan sekitar 500 meter, kemudian berbelok ke arah selatan, dengann kontur yang menuruni padang rumput Kalimati. Arcopodo berjarak 1 jam dari Kalimati dengan rute yang akan melewati hutan cemara yang sangat curam, Anda harus berhati-hati karena kontur tanah disini sangat mudah longsor dan berdebu. Anda juga bisa berkemah di Arcopodo, tetapi tetap harus waspada karena kondisi tanahnya kurang stabil dan rawan longsor. Didaerah ini Anda sebaiknya menggunakan kacamata dan penutup hidung karena sudah banyak abu vulkanik beterbangan. Arcopodo berada pada ketinggian 2.900m, Arcopodo merupakan area vegetasi terakhir di Gunung Semeru, selebihnya akan melewati bukit pasir yang akan jauh berbeda dengan perjalanan sebelumnya.

Dari daerah Arcopodo menuju puncak Semeru diperlukan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam. Ada beberapa bendera kecil sebagai penanda arah dan panduan perjalanan. Sangat disarankan semua barang bawaan ditinggalkan di Arcopodo atau di Kalimati. Karena Pendakian menuju puncak Semeru dilakukan pagi sekitar pukul 00.00 dari Kalimati.

Semeru Image byManado.Tribunnews.com

Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan gunung semeru, jangan lupa untuk terus memperhatikan keselamatan dan juga keamanan saat mendaki gunung semeru, gunung yang juga pernah menjadi salah satu film terkenal dengan judul 5 Cm ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Meskipun Anda berpergian ke gunung ini berkelompok, namun jangan sampai lupa untuk memperhatikan keselamatan individu khususnya bagi Anda yang membutuhkan waktu istirahat ang cukup saat kelelahan, jangan lupa juga untuk terus memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu yang ada dan juga aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola sehingga keselamatan dan keamanan bisa didapatkan saat Anda mendaki gunung tertinggi di pulau jawa ini.