10 Foto Pemandangan Gunung Rinjani Yang Menakjubkan – Wisata gunung yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Rinjani, Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan gunung tujuan utama dan menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya dan juga ketinggian gunung tentunya. Gunung ini masuk dalam bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas sekitar 41.330 ha. Gunung Rinjani memiliki puncak tertinggi 3.726 m di atas permukaan laut, sebagian besar pemandangan gunung ini menyajikan pemandangan Pulau Lombok bagian utara.


Di sebelah barat puncak Rinjani terdapat kaldera dengan luas diperkirakan 3.500 m × 4.800 m, yang memanjang kearah timur dan barat gunung. Keindahan kaldera ini juga diperkuat oleh terdapat Segara Anak, segara sendiri berarti semacam danau dengan luas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman hingga 230 m. Keindahannya juga bukan hanya keindahan danau saja, namun juga Air yang mengalir dari danau ini menciptakan air terjun yang sangat indah, air terjun ini mengalir melewati jurang yang curam. Tidak hanya itu, danau ini juga menyimpan banyak sekali ikan mas dan mujair sehingga danau ini sering digunakan sebagai spot memancing.

Gunung Rinjani Image by rinjaninationalpark.com

Di sisi timur kaldera ini juga terdapat sebuah Gunung Baru atau gunung barujari yang memiliki kawah dengan ketinggian 2.296 – 2376 m di atas permukaan laut. Gunung ini adalah gunung berapi aktif yang tercatat aktifitas terakhir, meletus pada tanggal 25 Desember 2015 dan pada tanggal 3 November 2015, yang terakhir meletus pada bulan Mei 2009 dan pada juga lebih lama lagi pada tahun 2004. Letusan tahun 2009 ini telah memakan korban 31 orang, yang diakibatkan oleh banjir bandang pada.

Gunung ini sangat terkenal dengan spot pendakian favorit, pendakian Gunung Rinjani merupakan salah satu objek wisata yang sangat menjadi favorit di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Selain dari keindahan alamnya, juga ketinggian gunung rinjani, hal lain yang membuat gunung ini manjadi sangat populer adalah karena Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif dan sekaligus menjadi nomor 2 tertinggi di Indonesia.

Gunung Rinjani Image byLifestyle.Liputan6.com

Sehingga tidak mengherankan jika Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para pendaki dan juga pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini, karena menjadi kebahagiaan tersendiri apabila sudah berhasil naik sampai kepuncak gunung. Keingnan dari berbagai komunitas pencinta alam di seluruh Indonesia bahkan juga dunia untuk menaklukkan gunung ini sangat besar, bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang mendaki gunung ini setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Biasanya kegiatan pendakian secara besar-besaran terjadi pada bulan Juli sampai bulan Agustus, dengan peserta pendakian umumnya berasal dari kalangan pelajar atau mahasiswa dari seluruh Indonesia, yang tidak hanya ingin menikmati keindahan gunung, namun juga sekalgus ingin merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani dan juga di Danau Segara Anak melalui kegiatan yang biasanya diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam yang ada di Pulau Lombok.

Lokasi Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Image by kesiniaja.com

Gunung ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Rute Menuju Gunung Rinjani

Ada banyak cara Anda bisa gunakan untuk bisa sampai di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat untuk tujuan utama Gunung Rinjani, Anda bisa melalui jalur laut, jaur darat, dan jalur udara. Meskipun kami tidak bisa memberikan semua rute untuk semua daerah di Indonesia, kami hanya akan memberikan gambaran rute yang bisa Anda lalui untuk bisa sampai ke Gunung Rinjani.

Rinjani Image by Liputan6.com

Pilihan Rute Dari Jakarta Lewat Jalur Darat

Perlu diketahui ada beberapa cara yang bisa ditempuh jika Anda berangkat dari jakarta, salah satunya adalah naik kereta Kereta Ekonomi Bengawan arah Pasar Senen – ke Stasiun Lempuyangan yang ada di Yogyakarta selanjutnya Anda bisa naik kereta api Sri Tanjung jurusan Lempuyangan ke Stasiun Banyuwangi Baru, jika sudah sampai di banyuwangi Anda bisa melanjutkan ke Bali.

Rute dari Banyuwangi – Bali

Selanjunya Anda perlu melanjutkan ke pelabuhan Ketapang bisa dengan berjalan kaki yang biasanya di tempuh kurang dari 10 menit. Rute berikutnya adalah dengan menyeberang menggunakan kapal ferry dengan tarif yang cukup murah hanya Rp 8000 ribu saja per orang. Jika sudah di Pelabuhan Gilimanuk, di Bali tujuan berikutnya adalah menuju Terminal Ubung Denpasar menggunakan bus dengan biaya transportasi hanya Rp 35 ribu, perjalanan membutuhkan kurang lebih 3 jam.

Gunung Rinjani Image by tripadvisor.com

Rute dari Bali – Lombok – Sembalun

Selanjutnya Anda harus melanjutkan perjalanan lagi dari pulau Bali ke Lombok, dengan cara naik kapal fery menuju Pelabuhan Lembar lombok, dengan biaya sekitar Rp 40.000 dengan jarak tempuh kurang lebih 4-5 jam. Kemudian saat Anda sudah sampai di Pelabuhan Lembar Anda bisa menuju ke menuju Terminal Mandalika di Mataram dengan cara naik angkutan kota dengan tarif sekitar Rp 25.000  dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Kemudian dari Terminal Mandalika Anda bisa melanjutkan menaiki mobil travel menuju Pasar Aikmel dengan biaya kurang lebih Rp 20.000, waktu dengan waktu tempuh 1 jam. Dari sini Anda sudah bisa bersiap perbekalan dan bisa bertemu dengan wisatawan lainnya, kebanyakan adalah pendaki.

Selain via jalur darat, Anda juga bisa menuju pulau lombok melalui jalur udara, tentu jalur udara merupakan pilihan terbaik, selain waktu tempuh yang lebih singkat. Melalui jalur udara juga jauh lebih nyaman dan juga sangat cocok bagi Anda yang tidak biasa perjalanan jauh yang bisa membuat kelelahan.

Gunung Rinjani Image by wisatadilombok.com

Untuk rute pesawat juga sangat mudah kita dapatkan, hanya perlu menggunakan salah satu dari beberapa app tiket pesawat, Anda akan dengan mudah menemukan tujuan, transit dan juga biaya lengkap juga dengan waktu tempuh

Setelah sampai di bandara lombok, Anda bisa langsung sewa mobil dari bandara sampai Sembalun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu dengan kapasitas penumpang sampai 10 orang dengan lama perjalanan 3 sampai 4 jam. Setelah itu bisa dilanjutkan naik Mini Bus jurusan Labuhan Lombok setelah sampai di labuhan lombok Anda bisa melanjutkan naik mobil menuju ke Sembalun Lawang Rp. 25.000, dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

Unuk rute pendakian Anda bisa mengikuti rombongan dan juga sebaiknya Anda tidak sendirian saat berpergian apalagi ingin mendaki gunung rinjani, kebanyakan pendaki menggunakan pendakian dari rute Sembalun yang kemudian mengakhiri pendakian di Senaru, rute ini dipilih karena bisa menghemat 700 m ketinggian. Rute Sembalun berkonturpanjang tetapi datar, dengan cuaca lebih panas karena rute ini melalui padang rumput yang terik sehingga meskipun di ketinggian, Anda tidak akan merasakan kedinginan yang sangat, jangan lupa untuk menggunakan lotion tabir surya atau yang mengandung SPF.

Melalui rute Senaru Anda akan mengalami tanjakan tanpa berhenti, tetapi Anda tidak akan kelelahan karena rute ini jug melewati hutan. Rute ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 7 jam menuju area dekat punggungan di ketinggian 2.641m di atas permukaan laut, rasa lelah akan terbayarkan saat Anda berada di puncak, karena pemandangan Anda akan langsung mengarah e danau yang sangat luas dan juga eksotis.

Tiket Masuk Rinjani

Pada tahun 2017 tiket masuk di wisata ini mengalami kenaikan, untuk wisatawan asing pada hari biasa selain weekday dan weekend akan dikenakan tarif Rp150.000 per hari untuk satu orang, sedangkan pada hari libur Rp225.000 per hari untuk satu orang. Untuk wisatawan lokal atau dalam negeri bisa mendapatkan tiket yang lebih murah, yaitu Rp5.000 per hari untuk satu orang pada hari selain weekday dan weekend, sedangkan pada hari libur kamu tiket masuk Rp7.500 per hari per satu orang.

Bagi Anda yang ingn mendaki Anda membutuhkan membutuhkan waktu hingga 4 hari 3 malam, jadi silakan dipersiapkan dan dikalikan biaya yang harus Anda keluarkan.

Foto Keindahan Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Image by vonvon.id
Gunung Rinjani Image by cabeoutdorservice.com
Gunung Rinjani Image by IndonesiaKaya.com